Peningkatan Hasil Belajar Matematika Berbasis Model Problem Based Learning Berbantuan Audio Visual Dan Benda Konkrit Pada Siswa Kelas 1 UPT SDI 112 Kepulauan Selayar

Andi Sriwahyuwati Ningsi(1*), Ahmad Syawaluddin(2), Alphian Syahruddin(3),

(1) UPT SDI 112 KEPULAUAN SELAYAR
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Negeri Kompleks IKIP I Makassat
(*) Corresponding Author



Abstract


Permasalahan pokok yang dikaji yaitu penerapan model pembelajaran problem based learning. Tujuan studi ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model problem based learning, hasil belajar matematika siswa kelas I UPT SDI 112 Kepulauan Selayar. Tujuan dari Penelitian ini untuk untuk mendapatkan gambaran penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar belajar matematika di kelas I UPT SDI 112 Kepulauan Selayar. Studi ini menggunakan model Problem based learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 2 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas I UPT SDI 112 Kepulauan Selayar yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulkan data meliputi: observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif yang terdiri dari hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan yaitu berada pada kategori tinggi. Terjadinya peningkatan hasil belajar matematika siswa tidak terlepas dari perbaikan aktivitas mengajar guru dalam menerapkan langkah-langkah model pembelajaran problem based learning.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Problem Based Learning; Audio Visual; Benda Konkrit.


Full Text:

PDF

References


Abdulhak, Ishak. (2013). Model-Model Pembelajaran. Bandung: Andira

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. hal 253.

Bagong Suyanto, S. (2007). Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan . Jakarta: KENCANA.

Miles, M.B dan Huberman. Tanpa tahun. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohidu Rihidi (1992). Jakarta: UI Press.

Mudjiono. 1981. Media Pendidikan III: Cara pembukaan Media Pendidikan. Jakarta: P3G Depdikbu

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana hal 185.

Taggart. 1998. Theaction Research Plamer. Deaking University Press.

Tombokan Runtuhaku. 1996. Pengajaran Matematika Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbu

Wardani, I.G.K. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas terbuka

Wina Sanjaya.2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kharisma Putra Kencana


Article Metrics

Abstract view : 125 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats