Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri 74 Panyiwi

Rahmawati Rahmawati(1*), Rosdiah Salam(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) UPT SD NEGERI 74 PANYIWI
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan Toddopuli Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kegiatan pembelajaran 1 tema 8 sub tema 3 peserta didik kelas III UPT SD Negeri 74 Panyiwi. Oleh karena itu perlu kiranya suatu upaya untuk meningkatkan aktivitas peserta didik melalui implementasi pembelajaran inovatif model Problem Based Learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III UPT SD Negeri 74 Panyiwi Tahun  Pelajaran 2020/2021. Subyek penelitian adalah siswa kelas III UPT SD Negeri 74 Panyiwi jumlah 11 orang peserta didik. Data yang dikumpulkan meliputi hasil belajar siswa, hasil observasi guru, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4(empat) tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 80% siswa memperoleh nilai ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 72,72%  atau 8 siswa dengan nilai rata-rata 67,27 dan pada siklus II sebesar 100% atau 11 siswa dengan nilai rata-rata 80. Dari data tersebut di atas jelas menunjukkan bahwa pada siklus I aktivitas belajar siswa masih rendah terlihat dari hasil belajar yang belum sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan belum tercapai sedangkan pada siklus II aktivitas belajar sudah meningkat dilihat dari hasil belajar yang sudah sesuai harapan yang berarti indikator keberhasilan sudah tercapai.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa; Model Problem Based Learning Dan Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Admin, (2002). Projek DIE – like UI 2002 tentang Problem Based Learning. Diakses melalui https://scele.ui.ac.id. Pada tanggal 23 Agustus 2021. Admin, (2003). UU No. 20 tahun 2003 tentang. System Pendidikan Nasional. Diakses melalui https://kemenag.go.id. Pada tanggal 23 Agustus 2021.

Admin, (2015). Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index (EDI). Diakses melalui www.kemenkopmk.go.id. Pada tanggal 25Agustus 2021.

Amir, M. (2009). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Perdana Media Group.

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arifin, Zainal. (1991). Evaluasi Instruksional Prinsip Teknik dan Prosedur. Bandung: Rmaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsini. (2003). PRosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta: Bina Aksara.

Cahyo, A, N. (2013).Panduan Aplikasi Teori-teori Belajar Mengaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalyono. (2005). Psikologi Pndidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Dimyatidan, Mudjiono. (1994). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara. Hamdayana, Jumanta. (2014). Model dan Metode Pmbelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hamdu dan Agustina. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi. Jakarta: Bina Aksara.

Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behaviouristik sampai Kontrivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching & Learning. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Mustaji dan Arthana. (2005) Evaluasi Media Pembelajaran. Unesa Univercity Press.

Maggie Savin dan Claire. (2004). Foundation Of Problem Based Learning. New York: Great Britain.

Martin dan Handoko. (2001). Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Jakarta: Rineka Cipta.

Marno, dan M. Idris. (2010). Strategi dan Metode Pengajaran. Jogjakarta: Ar- ruzz Media Group

Muhson, Ali. Peningkatan Minat Belajara dan Oemahaman Mahaiswa Melalui PenerapanProblemBasedLearning.https://journal.uny.ac.id/index.php/jk.article/view/203/116. Hal 174 sd 175.

Nasution. (2000). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 264 times | PDF view : 60 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats