Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Teknik Pembelajaran Ice Breaking

Miiswati Miiswati(1*), Muh Faisal(2), Fatmawaty Fatmawaty(3),

(1) SDN 1 Purbahayu
(2) Universitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilakuan berdasarkan kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran.  Penelitian yang berjudul “Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Teknik Pembelajaran Ice Breaking” ini bertujuan untuk melihat  motivasi belajar siswa dengan penggunaan ice breaking dalam proses pembelajaran di kelas V SDN 1 Purbahayu. Subjek penelitian ini adalah siswa- siswi kelas V SDN 1 Purbahayu tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 12 siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen pengumpulan data penelitian yaitu Teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian peningkatan motivasi belajar anak melalui Teknik pembelajaran  Ice breaking digambarkan sebagai berikut: Pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar melalui strategi Icebreaker pada siklus I sebesar 58,03% dan meningkat pada siklus II menjadi 85 %  Hasil penelitian menunjukkan motivasi  belajar siswa  dengan Teknik pembelajaran ice breaking dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: Ice Breaking; Pembelajaran; Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Humor.Jakarta : Bumi Aksara.

Departemen pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Anitah Sri. 2014. Strategi Pembelajaran di SD, Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Azwar, Saifuddin. 2014. Metode Penelitian. Yoyakarta: Pusataka Pelajar Celaban Timur UH III/548 Yoyakarta.

Nana Sudjana. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sardiman. 2013. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarto.(2012). Icebreaker Dalam Pembelajaran Aktif.Surakarta : Cakrawala Media


Article Metrics

Abstract view : 480 times | PDF view : 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats