Peningkatan Semangat Belajar Siswa Melalui Kegiatan Ice Breaking Pada Siswa Kelas VI SD

Aris Hermanto Yudo Prayitno(1*), Muh Faisal(2), Fatmawaty Fatmawaty(3),

(1) SD Nergeri Rahayu
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa dan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kegiatan Ice Breaking meningkatkan semangat belajar kelas VI. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dimana fokus yang dilakukan adalah efek kegiatan Ice Breaking bagi siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri Rahayu. Setting dan subjek penelitian dilakukan di ruang kelas VI sebanyak 12 orang siswa di Sekolah Dasar Negeri Rahayu. Pengelolaan data pada penelitian ini dilakukan setelah terkumpulnya data. Melihat hasil observasi, kegiatan Ice Breaking dapat membuat siswa lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang dilakasanakan oleh guru. Kegiatan Ice Breaking sangat penting karena terkait dengan keberhasilan dan kemampuan siswa secara utuh. Kegiatan Ice Breaking dapat

Kata Kunci: Ice Breaking; Semangat Belajar Siswa; SDN Rahay.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1995). Dasar-dasar Evalusi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara . (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, M. (2009). Psiologis Pembelajaran.Banddung : CV. Wacana Prima

Azwar S. (2005). Penyusunan Skala Psikologis Cetakan ke V. Pustaka Pelajar Offset. Yogjakarta

Achmad Fanani, Jurnal pendidikan: 2010: 69

Djamrah. (2002). Teory Motivasi. Edisi 2 (ed-2). Jakarta : PT Bumi Aksara. Gardner.

(2004). The Attitude/Motivation Test Battery: Technical Report. University of Ontario.

Damansyah, S.T, (2010). Strategi Pembelajaran Menyenangkan Dengan Humor. Jakarta: Bumi

Goleman, (2002). Kecerdasan emosional. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Hamzah B.

Gunarsa, S.D. (2004). Bunga rampai psikologi perkembangan dari anak sampai usia lanjut. Jakarta: Kencana.

Hopkins (1993) di https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html

Https://sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/risetmhs/BAB21414113120.pdf

Kurikulum Pendidikan SDN Rahayu tahun 2021

Undang – undang Nomor 20 Pasal 40 ayat 2 tahun 2003.

Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Makassar : UNM Pers , dkk. (2021).


Article Metrics

Abstract view : 275 times | PDF view : 90 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats