Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD

Siti Taspiah(1*), Kamaruddin Hasan(2), Heryanti Alamsyah(3),

(1) SDN Tambakbulusan 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SFT SD Inpres Kassi Kassi
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan  meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran matematika melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam satu siklus. Tempat penelitian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Tambakbulusan 1. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Tambakbulusan 1 yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan presentase siswa pada pra siklus dengan hasil belajar siswa dikatakan tuntas yaitu mencapai Kreteria Ketuntasan Minimal yang telah ditentukan yaitu lebih dari atau sama dengan 75. Penelitian ini telah menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa, pada pra siklus 23 % atau sebanyak 3 siswa yang memperoleh nilai lebih dari Kreteria Ketuntasan Minimal. Pada siklus 1 mengalami peningkatan menjadi 92% atau sebanyak 12 siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning mampu meningkatkan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar.

 Kata Kunci: Hasil Belajar; Matematika; Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Kamarianto, K., Noviana, E., & Alpusari,M. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sd Negri 001 Kecamatan Sinaboi. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1-12.

Kristin, F & Astuti W. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Temas Games Tournament untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 157.

Rahmadani. 2019. Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Lantanida Journal: 7(1).

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep, Landasan dan Implementasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Prenada Media Group


Article Metrics

Abstract view : 538 times | PDF view : 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats