Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 132 Barru

Yulianti Azis(1*), Ila Israwaty(2), Muhammad Fitri(3),

(1) UPTD SD NEGERI 132 BARRU
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini berpusat kepada guru, sehingga pembelajaran tidak memperlihatkan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat proses pembelajaran.  Penelitian yang dilakukan adalah  penelitian tindakan  kelas dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.  PTK ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri 132 Barru dengan tahapan kegiatan yaitu, persiapan mengajar, persiapan perangkat pembelajaran, persiapan sarana dan prasarana. Kasus yang ditemukan pada siklus 1 Peserta didik kurang percaya diri untuk mengungkapkan pendapatnya dan pada saat proses pembelajaran masih ada peserta didik yang kurang aktif dalam Tanya jawab terhadap kelompok yang mempresentasikan hasil diskusinya. Pada siklus 2 kasus yang ditemukan pada siklus 1 tidak terulang lagi.  Sumber data adalah proses pembelajaran IPA dengan menggunakan  model  Problem Based Learning. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning ditinjau dari aspek guru pada siklus I didapat rata –rata 67,50%  meningkat  pada  siklus  II  menjadi  87,50%  sedangkan  ditinjau  dasi  aspek  siswa didapat rata-rata siklus I 60% meningkat pada siklus II menjadi 82,50%.

Kata Kunci: Student Learning Outcomes; PBL model.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP.

I Wayan Dasna, dkk. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem- BasedLlearning).http://lubisgrafura.wordpress.com/2007/09/19/pembelajaran-berbasis masalah/(Online) Diakses tanggal 15 Mai 2015.

Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Kunandar. 2008. Pembelajaran Melalui Metode PBL dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. http://wianti.multiply.com/2008/05/30(Online)

Trianto. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana

RustamMundilarto. 2009. Penelitian Tindakan Kelas http://klinikpembelajaran.com/booklet/penelitiantindakankelas.pdf (Online)

Suharsimi Arikunto, dkk. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2009. Model Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui PBL. Jakarta: Kencana Prenada Group


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 61 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats