Penerapan Model Discovery Learning Dengan Berbantuan Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

Giyantono Giyantono(1*), Muhammad Irfan(2), Sunardi Sunardi(3),

(1) SDN 1 Sidokumpul
(2) Univesrsitas Negeri Makasar
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM Makasar
(*) Corresponding Author



Abstract


Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SD N 1 Sidokumpul Kecamatan Patean Kabupaten Kendal, pada umumnya siswa kelas III mengalami kesulitan dalam penguasaan materi ciri-ciri makhluk hidup. Yang menjadi keharusan dalam belajar Tema 1 Sub tema 1 Pembelajaran 3 yaitu penguasaan konsep, kegiatan pembuktian dan aplikasinya tidak Nampak dalam pembelajaran. Kondisi ini disebabkan oleh proses yang dilakukan guru beluk maksimal, sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang kurang baik. Secara spesifik Penelitian ini bertujuan unutk meningkatakan hasil belajar siswa dengan menerapkan model Discovery Leraning dengan berbantuan Power Point. Dalam pelaksanaannya PTK terdiri dari tiga siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksaan, observasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, dapat direkomendasikan bahwa dengan menerapkan model Discovery learning merupakan suatu alternative untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya pada materi Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Sub Tema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup Pembelajaran 3. Peningkatan ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan tiap siklusnya yaitu pada siklus I siswa yang dinyatakan tuntas adalah 4 siswa (33,3%), siklus II menjadi 8 siswa (66,7%), dan disiklus 3 menjadi 11 siswa (91,6%).

Kata Kunci: Discovery Learning; Power Point; Hasil Belajar; Ciri-Ciri Makhluk Hidup


Full Text:

PDF

References


Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa, II(1), hlm 1-11.

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana.

Sa’ud, Udin. (2011). Inovasi pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA, Bandung: Rizqi Press.

Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 296 times | PDF view : 80 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats