Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkembangbiakan Tumbuhan

Mutmainnah Mutmainnah(1*), Sayidiman Sayidiman(2), Kasau Kasau(3),

(1) SD Negeri 048 Mambulling
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD Pertiwi Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perkembangbiakan  tumbuhan di kelas VI SD Negeri 048 Mambulling Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas  VI pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 25 orang. Pemerolehan data berasal dari lembar hasi belajar siswa dan data observasi. Dalam penelitian ini menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) yang diterapkan dalam 2 siklus dimana Pada siklus I menunjukkan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 82. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan nilai terendah 71 dan nilai tertinggi 98.Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 64.05% dan pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 100%. Adapun Hasil penelitian ini adalah dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas VI

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Perkembangbiakan Tumbuhan



Full Text:

PDF

References


Akmalia.(2016). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Numbered Heads Togeteher untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”.Skripsi.Bandung.Universitas Pasundan. Diakses Pada Desember 2021

Eggen, Paul & Kauchak,Don. (2012).Strategi dam Model Pembelajaran Mengajarkan Konten Dan Keterampilan Berpikir. Jakarta: Indeks.

Maulana,A. (2016).Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Problem Based Learning. Jurnal Pena Ilmiah, Vol. 1, No. 1.

Hosnan.(2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Putra, R,M. (2018). Pengaruh model PBL terhadap hasil belajar tematik siswa di SD Negeri 21 Kerinci. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 3, No.2, pp. 178-190.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Riyanto.(2010). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, Aris.(2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz Media

Sanjaya, W.(2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Warsono & Hariyanto.(2012). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen.Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 744 times | PDF view : 314 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats