Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 147 Barru

Hamriani Hamriani(1*), Lukman Ali(2), Nur Aimafatwa(3),

(1) UPTD SD NEGERI 147 BARRU
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.  Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari kondisi awal atau pra siklus ke siklus I dan ke siklus II. Hal ini dapat dibuktikan dengan ketercapaian ketuntasan hasil belajar pada pra siklus  yaitu 43 % siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 48,6, kemudian pada siklus I meningkat  mencapai  76%  siswa  mendapat  nilai  tuntas  dengan  rata-rata kelas  65, kemudian pada siklus II meningkat mencapai 94% siswa mendapat nilai tuntas dengan rata-rata kelas 77,61. Kesimpulan penelitian ini mununjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPA.

Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa; Model PBL.


Full Text:

PDF

References


Arends, R. 2008. Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsinmi, Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud. 2016. Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Sukidin, dkk. 2010. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendikia.

Widiarto, Tri, dan Sunardi. 2012. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Ilmu Pengetahuan Sosial. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Wisudawati, A. D. (2014). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara. Pelajaran 2015/2016. JTIEE, Vol. 1, No. 1, h. 21-36, Mei 2017.

Widhiatma, Y., & Wasitohadi. 2017. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SDN Kalinanas 01. E-jurnal Mitra Pendidikan, Vol. 1, No. 4, h. 447-459, Juni 2017.


Article Metrics

Abstract view : 531 times | PDF view : 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats