Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI

Dini Dian Rahayu(1*), Muhammad Irfan(2), Nur Sofiatul Lailiyah(3),

(1) SD Negeri Cisambeng I
(2) PGSD Universitas Negeri Makasar
(3) SD Inpres Perumnas II
(*) Corresponding Author



Abstract


Abstrak

Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka yang masih rendah. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VI SD Negeri Cisambeng I Kecamatan Palasah  Kabupaten Majalengka dalam pembelajaran tematik. Dari 16 siswa baru 7 siswa atau sekitar 43,75% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Cisambeng I Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Kesimpulan yang dapat di Tarik dari hasil penelitian bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Cisambeng I Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka. Pada siklus pertama 9 dari 16 anak atau 56,25% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan minimal. Pada siklus kedua 14 dari 16 anak atau 87,5% siswa mencapai Kriteria ketuntasan minimal.

 Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Erviana, Nila,Suwarto dan Daryanto, Joko 2011, Peningkatan Hasil Belajar PKn tentang Kebebasan Berorganisasi melalui Model PBL pada Kelas V SDN 2 Lenbungkerep, Wonosari, Klaten tahun pelajaran 2011/2012, http://problembasedlearning.com.Di akses tanggal 28 November 2021.

Febriyani, Risqi. 2013. Keefektifan PBL terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Dagan Kabupaten Purbalingga pada Materi Globalisasi, http://problembasedlearning.com. Diakses pada tanggal 28 November 2021

Sukaptiyah, Sri. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VI Sd Negeri 1 Mongkrong,Wonosegoro. http://problembasedlearning.com.Di akses tanggal 28 November 2021.

Sulastri. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya.http:// Jurnal Kreatif Tadulako Online.com. Di akses tanggal 28 November 2021.

Abimanyu, S. d.k.k. 2008. Stratgei Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Badrujaman. (2010). Cara Mudah Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Mata Pelajaran dan Guru Kelas. Jakarta: Trans Info Media

Dahlia. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Palu. Edukasi Mitra Grafika Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Jakarta: BNSP.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.

Joko M.2006. Gaya Belajar Menjadikan Makin Pintar. Yogyakarta : Pinus.

Muslich. 2009. Melaksanakan PTK Itu mudah. Jakarta: Bumi Aksara

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Medai Group.

Sanjaya, Wina. 2007. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar.Bandung: Sinar Baru.

Suryanto. 2009. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT. Rosda Karya

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya.

Wikepedia. 2020. Penelitian Tindakan kelas. https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_tindakan_kelas. Diakses tanggal 28 November 2021.

Adnyana, Wayan arya. 2020. Model Problem Based Learning. https://bdkdenpasar.kemenag.go.id/berita/model-problem-based-learning. Diakses tanggal 28 November 2021.

Ruang guru. 2017. https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning. Diakses tanggal 28 November 2021.

Muilyana, Aina.2021. Langkah-Langkah dan Sistematika Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).. https://ainamulyana.blogspot.com/2011/05/langkah-langkah-dan-sistematika.html. Diakses tanggal 28 November 2021.


Article Metrics

Abstract view : 396 times | PDF view : 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats