Model PJBL Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Ika Mariska(1), Zaid Zainal(2), Taslim Tanwil(3*),

(1) SDN 1 MEKARSARI
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES PERUMNAS IV
(*) Corresponding Author



Abstract


Belajar pada hakikatnya adalah suatu proses yang dilakukan setiap individu untuk mendapatkan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. Namun dalam pembelajaran ditemukan siswa tidak aktif, cara mengajar guru yang monoton, dan tidak ada media yang bervariasi menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Berdasarkan hal tersebut, maka dilaksanakan proses penelitian dengan menggunakan model project based learning (pjbl). Tujuannya adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan PTK yang bertujuan mengevaluasi dan memperbaiki proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data pada kegiatan ini adalah dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pjbl adalah siswa aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran sehingga diperoleh hasil belajar yang baik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil penilaian sikap, keterampilan dan pengetahuan siswa. Pada siklus I penilaian sikap siswa hanya 65% dan meningkat pada siklus II yaitu menjadi 75%. Penilaian keterampilan pada siklus I hanya 61% dan meningkat menjadi 80% dan nilai rata-rata pada aspek pengetahuan siswa juga mengalami peningkatan yang awalnya pada siklus I hanya 70% siswa ≥ KKM pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82%.

Kata Kunci: Aktivitas; Hasil Belajar; dan PJBL.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2009). Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandun : Rizqi Press.

Junari, Wawan. (2021). Project Based Learning (PJBL) Solusi EfektifkanPembelajaran Jarak Jauh. Retrieved from http://radarsemarang.jawapos.com.

Mariska, Ika. (2011). Teknik Scramble Wacana dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman di Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi Sarjana pada FIP PGSD UPI Cibiru. Bandung: tidak diterbitkan.

Miyarso, Estu. (2019). Perancangan Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Direktorat Pembinaan GTK PAUD dan Dikmas.

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sari, Santi Puspita & Uus Manzilatusifa. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik : Jurnal Pendidikan. http://fkip.unla.ac.id.

Thabroni, Gamal. (2021). Project Based Learning : Pengertian, Kelebihan dan Sintaks. Retrieved from http://serupa.id

Oktifa, Nita. (2021). Mengelola Pembelajaran Berbasis Project Based Learning. Retrieved from http://akupintar.id.


Article Metrics

Abstract view : 1415 times | PDF view : 497 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats