Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II

Diana Herawati(1*), Widya Karmila Sari Achmad(2), Fadilah Idris(3),

(1) SDN 2 Kradenan
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SDN Nusa Harapan Permai
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II melalui penerapan model project based learning di SDN 2 Kradenan Sumpiuh Banyumas. Penelitian yang di gunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan jenis penelitian kolaborasi dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dalam penelitian terdiri dari 17 siswa, yang terdiri dari 9 siswa laki-laki san 8 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data observasi yang digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran  dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran . Berdasarkan hasil penelitian ini, dipeoleh hasil keterlaksanaan model pembelajaran mengalami peningkatan di setiap siklus . Siklus I sebesar 65 % dalam kategori cukup , menjadi 88% pada siklus II dalam kategori  sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil  siswa kelas II SD Negeri 2 Kradenan Banyumas.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Model Project Based Learning.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Zaenal. (2020). Analisis Eksistensi. Jakarta: Raja Grafindo

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Hamiyah, Nur dan Mohammad Jauhar, 2014. Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Nomor 22. Tahun 2006 Tentang Standarisasi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Wiratana, K. I. dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Investigasi Kelompok (Grup Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3 (1)


Article Metrics

Abstract view : 2433 times | PDF view : 746 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats