Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Learning Siswa Kelas IV UPT SDN 2 Passeno

Rismayani Rismayani(1*), Rosdiah Salam(2), Zusanti Zusanti(3),

(1) UPT SD NEGERI 2 PASSENO
(2) BAHASA INDONESIA Universitas Negeri Makassar
(3) SD INP. Unggulan Toddopuli
(*) Corresponding Author



Abstract


Berdasarkan pengamatan awal di UPT SDN 2 Passeno pada umumnya siswa mengalami kesulitan dalam menguasai materi perubahan wujud benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Disvovery Learning siswa kelas IV UPT SDN 2 Passeno. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV UPT SD Negeri 2 Passeno Kabupaten Sidenreng Rappang yang berjumlah 12 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, dapat direkomendasikan bahwa dengan menerapkan model discovery learning merupakan suatu alternatif untuk meningkatan hasil belajar siswa, khususnya pada materi perubahan wujud benda. Peningkatan ini dilihat dari persentase ketuntasan tiap siklus. Data awal menunjukkan, siswa yang dinyatakan tuntas berdasarkan hasil tes hanya 4 siswa (33,33%), siklus I menjadi 7 siswa (58,33%) dan siklus II 10 siswa (83,33%). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; TIK; Power Point.


Full Text:

PDF

References


Putrayasa, I., Syahruddin, H. & Margunayasa, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa, II(1)

Sanjaya, Wina. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Kencana.

Sa’ud, Udin. (2011). Inovasi pendidikan. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2005). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sujana, A. (2014). Pendidikan IPA, Bandung: Rizqi Press.

Suryosubroto. (2009). Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 493 times | PDF view : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats