Penerapan PBL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik DI SDN 020 Pusu

Syarifuddin Syarifuddin(1*), Andi Dewi Riang Tati(2), Asriani Arifuddin(3),

(1) SDN 020 PUSU
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD, SDN 1 Padduppa
(*) Corresponding Author



Abstract


Masalah yang ditemui dalam kegiatan pembelajaran di SDN 020 Pusu diidentifikasi bahwa Siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, Siswa kurang terlibat dalam proses pemecahan masalah dan kurang percaya diri dalam melakukan presentasi pada pembelajaran. Dari identifikasi tersebut disusun rumusan masalah untuk diadakan penelitian. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauhmana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di kelas VI SDN 020 Pusu sebanyak 15 siswa. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Adapun langkah-langkah dari Problem Based Learning adalah Orientasi Siswa terhadap Masalah, Mengorganisasikan siswa untuk belajar, Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hasil dari penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas VI SDN 020 PUSU terlihat peserta didik aktif dalam mengikuti pembelajaran karena peserta didik dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran khususnya dalam pemecahan masalah sehingga disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VI SDN 020 PUSU.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Basic Learning; Hasil belajar.


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. (2007). Learning to Teach Seventh Edition. New York: The. McGraw Hill Companies

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

David Boud. (2010). Problem-based Learning in Education for the Professions. Higher Education Research and Development Society of Australia

Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Republik Indonesia. 2012. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tan, Oon-Seng. (2003). Problem Based Learning Innovation: Using Problem to Power Learning in 21st Century. Singapore: Thompson Learning

Terry Barrett. (2011). New Approaches to problem based learning. Dublin: University College Dublin

https://media.neliti.com/media/publications/287750-metode-penerapan-model-pembelajaran-prob-b6fb960b.pdf

https://www.ruangguru.com/blog/tingkatkan-keaktifan-siswa-dengan-metode-pembelajaran-problem-based-learning

https://bertema.com/model-problem-based-learning-pbl-dalam-pembelajaran-k-13 (2021)

https://calonpendidik.com/model-kemmis-mc-taggart/


Article Metrics

Abstract view : 146 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats