Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas II SD

Yanuar Meta Ratnasari(1*), Rahmawati Patta(2), Juliadi Juliadi(3),

(1) SD Negeri 1 Bendoharjo
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD INPRES BTN IKIP 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini didasari oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas II SD. Data awal yang di dapatkan menunjukkan bahwa pada kelas II semester I banyak siswa yang nilainya masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Rendahnya hasil belajar disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu minat belajar siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan model pembelajaran inovatif, serta media kurang menarik. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Bendoharjo. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, test dan kajian dokumen. Teknik analisis data deskriptif kualitatif.  Setelah dilaksanakan penelitian dalam 3 siklus didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).  Kesimpulan penelitian bahwa model pembelajaran Problem Based Learning yang dterapkan dengan baik dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar pada siswa kelas II di SD Negeri 1 Bendoharjo.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Kualitas Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsismi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aqib, Zaenal dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Baharudin, Esa. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Budiningsih, Asri. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. SKKD Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, Tanti Agviola & Wardani, Naniek Sulistya. 2017. Peningkatan hasil belajar tematik melalui pendekatan Problem Based Learning (PBL) siswa kelas II SD. 235-242.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwi Raharjo; Suyatno; dan Rahantari, Riska. 2020. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Sekolah Dasar Negeri Bokoharjo , Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. 1361-1373.

Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2013 Badan Standar Nasional Pendidikan.

Mulyasa. 2011. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Natawijaya. 2011. Aktivitas Belajar. Diunduh melalui http://id.shvoong.com/social sciences/1961162-aktivitas-belajar/ (pada tanggal 26 September 2021, pukul 21.03)

Winataputra. Udin S. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Universitas Terbuka.

Rahmania. 2011. Definisi Aktivitas Siswa. Diunduh melalui http://id.shvoong.com/social- sciences/education/2253227-definisi-aktivitas-siswa/ (pada tanggal 26 September 2021, pukul 21.11)

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada

Thobroni, Mohammad. 2011. Belajar dan Pembelajaran Jogjakarta: Ar-Ruzzmed


Article Metrics

Abstract view : 687 times | PDF view : 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats