Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI (Enam) Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar

Dyah Muvita Sari(1*), Rahmawati Patta(2), Juliadi Juliadi(3),

(1) SDN Candirejo 01
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD INPRES BTN IKIP 1
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas VI SD. Fokus masalahdiuraikan sebagai berikut: bagaimana peran model problem based learning dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan dan melatih siswa dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan kehidupan kontekstual untuk belajar cara berpikir kritis dan untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial, serta model problem based lerning bersifat student centered atau berpusat pada siswa, artinya siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur penelitian minimal 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 3 tahap yaitu, 1) perencanaan, 2) tindakan dan observasi, 3) refleksi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model Problem BasedLearning (PBL) dalam pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri Candirejo 01 melalui langkah-langkah : orientasi peserta didik, mengorganisasi peserta didik dalam belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Kesimpulannya adalah penerapan model problem based learning telah mencapai indikator keberhasilan yaitu: nilai peserta didik meningkat, meningkatkan semangat peserta didik dan meningkatkan keaktifan peserta didik kelas VI SD. Adapun kendala dalam penerapan model problem based learning yaitu: pada peserta didik, waktu dan lingkungan.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Model Pembelajaran; Aktifitas dan Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Format Template Artikel PPG Dalam Jabatan oleh Divisi Penjaminan Mutu Program Pengembangan Profesi Guru Universitas Negeri Makassar tahun 2021

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

Kusdaryani, Wiwik, dan Trimo. (2009). Landasan Pendidikan. IKIP PGRI Semarang Press.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemmis, Stephen., Robin Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.


Article Metrics

Abstract view : 183 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats