Peningkatan Hasil Belajar Tentang Sumber-Sumber Energi Alternatif Melalui Media Power Point Di Kelas 4 SD
(1) SD Negeri 1 Gumulung Tonggoh
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Negeri Aroeppala
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 1 Gumulung Tonggoh Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon tentang sumber-sumber energi alternatif. Hal tersebut ditunjukkan dengan hanya 40 % atau hanya 4 orang dari 10 orang siswa yang tuntas belajar mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yakni 70. Berdasarkan masalah tersebut peneliti merasa perlu memperbaiki pembelajaran dengan menggunakan media belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yakni melalui media power point. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan media power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD Negeri 1 Gumulung Tonggoh Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon terhadap materi sumber energi alternatif. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pelaksanaan tindakan dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rerata hasil postes setelah menggunakan media power point menjadi 70 % atau sebanyak 7 siswa tuntas pada Siklus I dan 90 % atau 9 siswa tuntas pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan media belajar power point dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber-sumber energi alternatif.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Media Pembelajaran; TIK; Power Point.
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Zainal, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
https://www.dosenpendidikan.co.id/hasil-belajar/
https://www.kajianpustaka.com/2019/03/penelitian-tindakan-kelas-ptk.html
https://core.ac.uk/download/pdf/297668739.pdf
https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-tik.html
Hujair AH. Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Kasbolah, Kasihani. 1999. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Malang: Depdikbud.
Mardi, dkk. 2007. Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Untuk SMK Kelas XI. Bandung: Yudhistira.
Rifai, Achmad dan Chatarina Tri Anni. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES PRESS
Rudi, S., & Cepi, R. 2008. Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhiya. Jakarta: Rineka Cipta
Yudhi, Munadi. 2008. Media Pembelajran; Sebuah Pendekatan Baru, Gaung Persada Press: Ciputat
Article Metrics
Abstract view : 225 times | PDF view : 89 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
---------------------------------------------------------
Publisher:
Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar
Email: [email protected]
Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pinisi Journal PGSD Indexed by:
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
View My Stats