Implementasi Video Pembelajaran Pada Peserta Didik Kelas II SD Inpres Ujung Pandang Baru I Makassar

Anita Anita(1*), Ila Israwaty(2), Muhammad Fitri(3),

(1) SD Inpres Ujung Pandang Baru 1
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) SD INPRES BTN IKIP II
(*) Corresponding Author



Abstract


Belajar dapat memberikan pengaruh terhadap seseorang berupa sikap, interaksi, dan cara berfikir. Selain itu, dengan belajar seseorang akan memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan intelektual. Pemahaman dalam proses belajar setiap orang berbeda-beda. Oleh sebab itu, guru harus mampu mengembangkan media pembelajaran untuk mempermudah proses belajar dan dapat meningkatkan hasil belajar. Video pembelajaran menjadi salah satu media yang dapat menarik minat peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik di SD Inpres Ujung Pandang Baru I Makasar dengan menerapkan Media Video Pembelajaran. Selain itu, SD Inpres Ujung Pandang Baru I Makassar dipilih sebagai lokasi penelitian karena sekolah berada di lokasi yang strategis dan memiliki fasilitas yang memadai. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 1) Penerapan metode pendekatan media video pembelajaran dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didikkelas II SDN Inpres Ujung Pandang Baru I Makassar Tahun Pelajaran 2021; 2) Terdapat kenaikan nilai belajar yang sangat berarti atau positif. Data dari temuan awal ke siklus I dan siklus II hingga siklus III selalu mengalami peningkatan nilai.


Full Text:

PDF

References


Andini Sukma Dewi. (2020). Definisi belajar. 13 Kompasiana. https://www.kompasiana.com/andinisukmadewi8438/5f8e32698ede4866c25b1e83/belajar-merupakan?page=all&page_images=1

Darma Wisada, P., Komang Sudarma, I., & Wayan Ilia Yuda S, A. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

L. Virginayoga Hignasari, M. S. (2020). Pengembangan E-Learning dengan Metode Self-Assessment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Universitas Mahendradatta. Jurnal Kependidikan, 6(2), 206–219.

Nasution, M. K. (2017). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1), 9–16.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Prastowo, M. H. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia Pendidikan IMPLEMENTASI VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK Martinus Handoko Prastowo SDN Kanung 02 Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun , Indonesia Email : [email protected] INFO ARTIKEL Diter. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(3), 445–458.

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.750

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262

Widad, F., Ibrahim, M., Thamrin, M., & Kasiyun, S. (2021). Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3263–3268.

Novita, L. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education , 68-71.

suryansyah, t. (2016). PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SD. Jurnal Prima Edukasia , 209-221.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Budianti, Yudi. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Jurnal: Pedagogik, II (2), hlm. 33-38.

Nurlevia, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dalam Hasil Belajar IPA Kelas V di Sekolah Dasar Negeri 35 Pontianak. Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5 (3), hlm. 1-11.

Arifin. B. (2013). Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual terhadap Hasil Belajar Senam Roll Depan. Jurnal: Pendidikan Olahraga dan

Alfianti, V. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar Negeri 66 Pontianak Kota. Jurnal: Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5 (3), hlm. 1-10.

Woolfolk, A. (2009). Educational psychology active learning edition. Boston: Pearson Education, Inc

Fredy, F., & Soenarto, S. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat kelas IV SDN Lempuyangan 1 Yogyakarta. Jurnal Prima Edukasia, 1(2), 162-172. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/arti cle/view/2633/2188


Article Metrics

Abstract view : 200 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: [email protected]

 

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats