Peningkatan Motivasi Belajar Ekstrinsik Peserta Didik Melalui Saintifik Berbasis STEAM Di SD

Destri Mustanto(1), Andi Makkasau(2*), Syahrani Syahrani(3),

(1) SD Negeri 1 Lebengjumuk
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SPF SD Inpres Unggulan BTN Pemda
(*) Corresponding Author



Abstract


Pendekatan saintifik berbasis STEAM merupakan pendekatan pembelajaran yang memadukan sains, teknologi, teknik, seni, matematika dalam pembelajaran, sehingga peserta didik aktif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan saintifik berbasis STEAM dapat meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik pada pembelajaran tematik di kelas VI SD Negeri 1 Lebengjumuk tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan motivasi belajar ekstrinsik peserta didik yaitu aktif bertanya dan menjawab dari 33,75% menjadi 81,25% (siklus III). Minat mempelajari materi dari 36,25% menjadi 81,88% (siklus III). Memahami materi dari 40% menjadi 81,25% (siklus III). tekad kuat dari 33,75% menjadi 86,25% (siklus III). Bertanggung jawab dari 43,75% menjadi 81,25% (siklus III). Perhatikan pembelajaran dari 37,50% menjadi 83,13% (siklus III). Tenang dari 38,75% menjadi 83,75% (siklus III). Disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbasis STEAM dapat meningkatkan motivasi belajar ekstrinsik pada pembelajaran tematik kelas VI SD Negeri 1 Lebengjumuk tahun pelajaran 2021/2022.

Kata kunci: Motivasi Belajar; Pendekatan Saintifik; STEAM


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Alwi, S. (2017). Problematika Guru dalam Pengembangan. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Anjani, K., Fatchan, A., & Amirudin, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Turnamen Dan Games Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1787 - 1790.

Arief, H. S., & Sudin, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar melalui Pendekatan Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 141–150.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Estriyanto, Y. (2020). Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) pada Guru-guru Sekolah Dasar di Pacitan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejujuran (JIPTEK), 13(2), 68–74.

Haifaturrahmah, Hidayatullah, R., Maryani, S., & Nurmiwati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 310–318.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1): 90-96.

Haq, A. (2018). Motivasi Belajar dalam Meraih Prestasi. Jurnal Pendidikan Islam Victratina, 3(1), 193–214.

Idzhar, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.

Isbadrianingtyas, N., Hasanah, M., & Mudiono, A. (2016). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 901–904.

Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas IV SDN 4 Banda Aceh. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, IX(2), 71–82.

Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA melalui Pendekatan Saintifik pada Mata kuliah IPA Terpadu Increasing the Critical Thinking Ability of Tadris IPA Students through a Scientific Approach in Integrated Science Courses. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71–84.

Lesmana, R., Sunardi, N., & Tumanggor, M. (2020). Pelatihan Manajemen dalam Meningkatkan Motivasi Siswa dan Guru SDN 84 Rejang Lebong. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 1(2), 75–86.

Mahermawati. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Melalui Teknik Reward Siswa Kelas V SD Negeri 0 1 1 Desa Baru Siak Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 194.

Qomariyah, E. N. (2017). Pengaruh Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPS. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 79.

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenata Media.

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582.

Sari, N. D., & Setiawan, J. (2020). Papan Gekola sebagai Media Pembelajaran Matematika yang Inovatif dengan Pendekatan STEAM. Jurnal Saintika UNPAM: Jurnal Sains Dan Matematika UNPAM, 3(1), 31–41.

Sumayasa, I. N., Marhaeni, M. P. A. N., & Dantes, N. (2015). Pengaruh Implementasi Pendekatan Saintifik Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Se Gugus VI Kecamatan Abang, Karangasem. https://www.neliti.com/publications/124471/pengaruh-implementasi-pendekatan-saintifik-terhadap-motivasi-belajar-dan-hasil-b, diakses pada tanggal 26 November 2021 jam 15.30 WIB.

Surya, Y. F. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 38–53.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.


Article Metrics

Abstract view : 227 times | PDF view : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats