Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V

Rahmaniar Rahmaniar(1*), Amrah Amrah(2), Muhammad Kadri Karim(3),

(1) UPTD SD Inpres Swakarsa
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UPT SPF SDN Percontohan PAM
(*) Corresponding Author



Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V UPTD SDI Swakarsa Pada mata pelajaran IPA Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tidakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini yaitu penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPTD SDI Swakarsa tahun ajaran 2021/2022 berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang berarti. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil observasi pada setiap pertemuan. Siklus I dari kategori cukup meningkat menjadi kategori baik pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran problembased learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V UPTD SDI Swakarsa.

Kata Kunci: Problem Based Learning; Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. dkk. 2010. Penelitian tindakan kelasuntuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya

Departemen Pendidikan Nasional. 2013. Kurikulum 2013. Jakarta: Depdiknas.

Djamarah. dkk. 2006. Strategi belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Iskandar. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kulitatif). Jakarta: Gaung Persada press.

Julianto, dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model – model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press.

Khaeruddin dan Sudjiono, E. H. 2005. Pembelajaran Sains Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Makassar: Badan Peneliti Makassar.

Mulyasa, E. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

----------. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Kencaya

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rienika Cipta.

https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1923/1/DEWI%20YULIANTI%2013105065.pdf

https://www.kompasiana.com/suryaningsihwardana/54f683a3a33311e6048b4f14/model-pembelajaran-problem-based-learning-dalam-kurikulum-2013

https://www.silabus.web.id/kelebihan-dan-kekurangan-model-problem-based-learning-pbl/


Article Metrics

Abstract view : 196 times | PDF view : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats