Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaan Media Audio Visual Siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar

Nursyafika Ramadani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


ABSTRAK
NursyafikaRamadani,2021.Peningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penggunaaan Media Audio Visual Siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres PakuKabupatenTakalar.Skripsi.ProgramStudiPendidikanGuruSekolahDasar,Fakultas Ilmu Pendidikan.Universitas Negeri Makassar, (dibimbing olehPembimbingIProf.Drs.Rohana,M.PddanPembimbingIIAndiDewiRiangTati,S.Pd.,M.Pd).


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar siswa kelas IV UPTSDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar. Rumusan masalah pada penelitian iniyaitu bagaimana meningkatkan hasil Belajar IPS Menggunakan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku KabupatenTakalar?Tujuanpenelitian ini adalah untuk  mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan mediaaudio visual pada siswa kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar.Pendekatan yang dipilih dalam pelaksanaan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif (PTK).Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas kelas Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar pada siklus I belum berhasil dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II mengalami peningkatan dan dapat di kategorikan berhasil. Dengandemikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaranaudio visual dapatmeningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV UPT SDN No.191 Inpres Paku KabupatenTakalar.


KataKunci: Media AudioVisual , Siswa,Hasil Belajar.

 

ABSTRACT


Nursyafika Ramadani, 2021. Improving Social Studies Learning Outcomes Using AudioVisual Media for Fourth Grade Students of UPT SDN No.191 Inpres Paku KabupatenTakalar.Skripsi.ElementarySchoolTeacherEducationStudyProgram,FaculatyofEducation. Makassar State University, (guided by Prof. Dr. Hj. Rohana, M.Pd. and AndiDewiRiang Tati, S.Pd.,M.Pd).


The problem in this study is the low level of learning outcomes fourth gradestudents of UPT SDN No.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar . The formulation of theproblem in this study is how improving social studies learning outcomes using audiovisual media for fourth grade students of UPT SDN No.191 Inpres Paku KabupatenTakalar?The purpose of this study was to find out theimproving social studies learningoutcomes using audio visual media forfourthgrade students of UPT SDN No.191 Inpres Paku KabupatenTakalar.The approach chosen intheimplementation of this research is a qualitative approach, the type of this research is classroom Action Research (PTK). Theresearch subjects were teachers and students of Fourth Grade Students of UPT SDNNo.191 Inpres Paku Kabupaten Takalar . Based on the research results, it was found thatlearning outcomes using audio visual mediafor fourth gradestudents ofUPT SDNNo.191Inpres Paku Kabupaten Takala rin the first cyclewasnotsuccessful andcontinued in the second cycle. In cycle Fourth it has increased and can be categorized assuccessful. Thus it can be concluded that the application of the audio visual media canimprove the learning outcomes of class fourth grade students of UPT SDN No.191 InpresPakuKabupaten Takalar.

 

Keywords:AudioVisualMedia,Students,LearningOutcomes.

 

 


References


DAFTARPUSTAKA

Ainina,I.A.(2014).PemanfaatanMediaAudioVisualSebagaiSumberPembelajaranSejarah.Indonesian Journalof HistoryEducation, 3(1).

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran Edisi ReVisi. Jakarta: Rajawali Pers.Daryanto.(2016).MediaPembelajaranPeranannyaSangatPentingdalam

MencapaiTujuanPembelajaran.Yogyakarta:GaIVaMedia.

Fahreza, F., & Husna, N. (2017). Pengaruh Strategi Pembelajaran terhadap Hasil BelajarIPS Siswa Kelas IV SD Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat. Jurnal BinaGogik, 4(2),37–48.

http://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/IView/11/10.

Hakim,L.(2016).Pemerataanaksespendidikanbagirakyatsesuaidengan amanatUndang-UndangNomor20Tahun2003tentangSistemPendidikanNasional.EduTech:JurnalIlmuPendidikanDanIlmuSosial,2(1),53–64.http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/edutech/article/View/575

Ihsana, E. K. (2017). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode danAplikasi Nilai-Nilai Spritualitas dalam proses pembelajaran. Yogyakarta:PustakaBelajar.

Patmawati, D., Ws, R., & Halimah, M. (2018). Pengaruh Media Audio VisualTerhadapHasilBelajarSiswaPadaMateriJenis-JenisPekerjaanDiSekolahDasar.PEDADIDAKTIKA:JurnalIlmiahPendidikanGuruSekolahDasar, 5(2), 308– 316.

Rahma,F.I.(2019).(kajianterhadapLangkah-langkahPemilihanMediadanImplementasinya dalam Pembelajaran bagi Anak Sekolah Dasar).Jurnal StudiIslam,14(2), 87–99.

Ruswandi.(2013).PsikologiPembelajaran.Bandung:CVCiptaPesonaSejahtera. Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Harjito. (2018).MediaPendidikan. Depok:PTRaja Grafindo Persada.

Sugiyono.(2016).MetodePenelitianPendidikanPendekatanKuantitatif,Kualitatifdan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulfemi,W.B.,&Mayasari,N.(2019).PerananMediaAudioVisualIValueClarificationTechniqueBerbantuanMediaAudioVisualUntukMeningkatkan

HasilBelajarIps.JurnalPendidikan,20(1),53–68.https://doi.org/10.33830/jp.IV20i1.235.2019.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana.

Syamsuddin,Rohana.2021.PengaruhPenggunaanVideoPembelajaranTerhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas VII SMP 33UniversitasNegeri Malassar.

Tim Dosen Pengajar IPS. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Dan Media IpsOleh : Tim Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar. UNIMED Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem PendidikanNasional.

Yudianto, A. (2017). Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. SeminarNasionalPendidikan 2017, 234–237.


Article Metrics

Abstract view : 6 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


---------------------------------------------------------

Publisher:

Program Studi PGSD Universitas Negeri Makassar

Email: pgsdjurnal@gmail.com

Contact Hp/wa. (0852 3002 6044)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pinisi Journal PGSD Indexed by:

  

 

 Creative Commons License
Journal Pinisi Pendidikan Guru Sekolah Dasar is licensed under a https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

View My Stats