Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat Di Rumah Sakit Lakipadada Kabupaten Tana Toraja

Alfionita Giovani Masau(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i2.9980

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang (i) Untuk mengetahui model  pelayanan kesehatan  yang dilakukan Rumah Sakit  dalam pemenuhan hak pasien; (ii) Untuk mengetahui faktor-Faktor apa yang mempengaruhi pemenuhan hak pelayan kesehatan; (iii) Untuk mengetahui upayapemerintah dalam melakukan pemenuhan hak pelayanan kesehatan bagi masyarakat Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuisioner. Hasil Penetian menunjukkan bahwa (i) Model  pelayanan kesehatan  yang dilakukan Rumah Sakit Lakipadada Kabupaten Tana Toraja adalah pola atau kegiatan yang dilakukan di Rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap pasien, maka pelaksanaan model pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Lakipadada kabupaten Tana Toraja  didasarkan kepada Teori tentang Pelayanan kesehatan yang berkualitas dikembangkan Zeithalm dan Parasuraman yang digunakan juga sebagai landasan konsep penelitian yaitu dikenal dengan dimensi RATER meliputi aspek  Reliability(realibilitas), Assurance (jaminan), Tangibles (tampilan/bukti fisik), Emphaty(empati), Responsiveness (ketanggapan dan kepedulian). (ii) faktor pendukung diantaranya sarana dan prasarana, tersedia tenaga medis, ketanggapan dan pengetahuan tenaga medis, serta memiliki Standar Operasional Prosedur yang lengkap, sedangkan penghambat meliputi sumber daya manusia, perbaikan gedung  dan penambahan alat kesehatan,  pasien yang dalam keadaan kurang labil. (iii) Peranan pemerintah melalui menyiapkan sarana prasarana yang memenuhi,menyiapkan tenaga ahli, terpenuhinya kesejateraan para tenaga kesehatan, mengadakan kegiatan pelatihan bagi tenaga medis,mengadakan bakti sosial bekerjasama dengan rumah sakit  lakipadada di daerah terpencil 1 kali dalam sebulan.

Keywords


Pemenuhan; Hak Pelayanan; Kesehatan

Full Text:

PDF

References


Arinanto Satya. 2009. Dimensi-Dimensi HakAsasi ManusiaMengurai Hak Ekonomi, Sosial, dan Budaya. RajaGrafindo.Jakarta.

Alfred, Albert Ameln.1991.Kapita Selekta Hukum Kedokteran. Grafikatama Jaya. Jakarta.

Effendi, Masyhur.2007.Hak Asasi Manusia dalam Dimensi dan Dinamika Yuridis,Sosial,Politik.Ghalia Indonesia.Bogor Selatan.

Fais, M Satrianegara.2014.Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Salemba Madika. Jakarta Selatan .

Induniasih.2015. Promosi Kesehatan. Pustaka Baru.Yogyakarta

Jimly,Asshiddiqie.2015.Hukum Tata Negara dan Pilar-Pilar demokrasi.

Konstitusi Press. Jakarta

Komalawati,Veronica.1989.Hukum dan Etika dalam Praktek Dokter. Pustaka Sinar Harapan. Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Bandung

Nuriyanto. 2014.Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”. 430 Jurnal Konstitusi (Volume 11 Nomor 3).

Retnaningsih,Ekowati.2013. Akses Layanan Kesehatan. Rajagrafindo Persada. Jakarta

Siswati, Sri.2013. Etika dan Hukum Kesehatan dalam perspektif Undang-Undang Kesehatan.Rajagrafindo. Jakarta

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta. Bandung

Sinambela.2006.Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara. Jakarta

Tangkilisan, Heser Nogi S. 2005.Manajemen Publik. PT. Gramedia Widiasarana Jakarta

Todung, Mulya Lubis.1986.Bantuan Hukum dan Kemiskinan Struktural. LP3ES.Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 601 times | PDF view : 81 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: