Aktivitas Ekonomi Masyarakat Bugis di pasar Terong Kota Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8489
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas ekonomi antar pedagang Suku Bugis di Pasar Terong, (2) pola persaingan antar pedagang Suku Bugis di Pasar Terong Kota Makassar (3) Faktor pendorong masyarakat Suku Bugis melakukan aktivitas ekonomi di Pasar Terong Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menekanka pada kejadian atau fenomena dan gejala yang diungkap maknanya. Penelitian kualitatif dapat didesain untuk memberikan sumbangan teoritis, praktis, kebijakan, masalah dan tindakan. Adapun teknik pengambilan sasaran penelitian yang disebut informan adalah secara purposive sampling yaitu melalui pertimbangan tertentu . Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, , dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan 8 orang informan. Pengabsahan data di lakukan dengan Membercheck adalah proses pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada pemberi data. Dan Trianggulasi merupakan tekhnik pemeriksaan kebenaran data sebagai pembanding atas data yang diperoleh Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) dari aktivitas ekonomi masyarakat Bugis yang terjalin tumbuh rasa kepercayaan sesama pedagang semakin kuat dikarenakan berasal dengan suku yang sama, serta mereka menjalin hubungan diluar pasar dengan cara arisan (2) dalam persaingan sesama masyarakat suku Bugis mereka mengikat dengan sistem langganan untuk pembeli dengan cara melayani dengan baik, memberikan pinjaman dan pemberian hadiah (3) Faktor mempengaruhi aktivitas ekonomi masyarakat Suku Bugis dengan adanya ajakan dari hubungan keluarga dan rasa saling percaya dalam memperluas hubungan kerja sama. Dalam pengaruh persaingan perdagangan yang ada, mampu melihat adanya perputaran ekonomi yang bagus antara penjual dan pembeli sesama masyarakat Bugis dipasar Terong Kota Makassar
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ammarel. 2003. Bugis Migration and Modes of Adapttaion to Local Situationsa (Athens: Ohio University,).
Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta
Asis, Abdul. 2006. Peranan Pasar Banyorang Terhadap Masyarakat Pedesan Makassar: dapertemen kebudayaan dan pariwisata balai pelestarian sejarah dan nilai tradisional masyarakat
Kesuma, Andi Ima. 2012 Moral Ekonomi Manusia Bugis. Rayhan Intermedia :Makassar
Koenjaraningrat. 1996. Pengantar Antropologi. Jakarta. Universitas
Rahman ,2006 Cinta, Laut dan Kekuasaan Dalam Epos La Galigo (Makassar: La Galigo Press,
Sukmana ,2005. Sosiologi Dan ekonomi
Sairin, Syafri, Pujo Semedi dan Bambang Hudayana . 2002. Pengantar Antropologi Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Meinarno, E. A., Widianto, B., & Halida, R. (2008). Manusia dalam Kebudayaan dan Masyarakat. Salemba Humani
Article Metrics
Abstract view : 1613 times | PDF view : 117 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: