Aktivitas Ekonomi Masyarakat Bugis di pasar Terong Kota Makassar

Shahnaz Wulandari(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) aktivitas ekonomi antar pedagang  Suku Bugis di Pasar Terong, (2) pola persaingan antar pedagang Suku Bugis di Pasar Terong Kota Makassar (3) Faktor pendorong masyarakat Suku Bugis melakukan aktivitas ekonomi  di Pasar Terong  Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif menekanka pada kejadian atau fenomena dan gejala yang diungkap maknanya. Penelitian kualitatif dapat didesain untuk memberikan sumbangan teoritis, praktis, kebijakan, masalah dan tindakan. Adapun teknik  pengambilan sasaran penelitian yang disebut informan adalah secara purposive sampling yaitu melalui pertimbangan tertentu . Dalam pengumpulan data, peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian. Data yang diperoleh melalui dua sumber yaitu informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, , dokumentasi dan wawancara dengan melibatkan 8 orang informan. Pengabsahan data di lakukan dengan  Membercheck adalah proses pengecekan data yang diperoleh peneliti kepada pemberi data. Dan Trianggulasi merupakan tekhnik pemeriksaan kebenaran data sebagai pembanding atas data yang diperoleh Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) dari aktivitas ekonomi masyarakat Bugis yang terjalin tumbuh rasa kepercayaan sesama pedagang semakin kuat dikarenakan berasal dengan suku yang sama, serta mereka menjalin hubungan diluar pasar dengan cara arisan (2) dalam persaingan sesama masyarakat suku Bugis  mereka mengikat dengan sistem langganan untuk pembeli dengan cara melayani dengan baik, memberikan pinjaman dan pemberian hadiah (3) Faktor mempengaruhi aktivitas ekonomi masyarakat Suku Bugis dengan adanya ajakan dari hubungan keluarga dan rasa saling percaya dalam memperluas hubungan kerja sama. Dalam pengaruh persaingan perdagangan yang ada, mampu melihat adanya perputaran ekonomi yang bagus antara penjual dan pembeli sesama masyarakat Bugis dipasar Terong Kota Makassar


Keywords


Aktivitas Ekonomi; Pasar; Masyarakat Suku Bugis

Full Text:

PDF

References


Ammarel. 2003. Bugis Migration and Modes of Adapttaion to Local Situationsa (Athens: Ohio University,).

Assauri, Sofjan. 2010. Manajemen Pemasaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta

Asis, Abdul. 2006. Peranan Pasar Banyorang Terhadap Masyarakat Pedesan Makassar: dapertemen kebudayaan dan pariwisata balai pelestarian sejarah dan nilai tradisional masyarakat

Kesuma, Andi Ima. 2012 Moral Ekonomi Manusia Bugis. Rayhan Intermedia :Makassar

Koenjaraningrat. 1996. Pengantar Antropologi. Jakarta. Universitas

Rahman ,2006 Cinta, Laut dan Kekuasaan Dalam Epos La Galigo (Makassar: La Galigo Press,

Sukmana ,2005. Sosiologi Dan ekonomi

Sairin, Syafri, Pujo Semedi dan Bambang Hudayana . 2002. Pengantar Antropologi Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meinarno, E. A., Widianto, B., & Halida, R. (2008). Manusia dalam Kebudayaan dan Masyarakat. Salemba Humani




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8489

Article Metrics

Abstract view : 51 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

081241370423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh:

   

 

 

 

PIR My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.