Keefektifan Strategi Giving, Question, and Getting Answer Terhadap Karakter Siswa Pada Hasil Belajar Membaca Intensif Pada Siswa Kelas IV Madrasah Iptidayah Al Abrar Makassar

Ummu Khaltsum(1*), Muh Irwinto Imran(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v2i1.8026

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar membaca pada siswa kelas IV Madrasah Iptidaiyah Al Abrar Makassar. Kegiatan pembelajaran membaca pada siswa kelas Madrasah Iptidaiyah Al Abrar Makassar selama ini siswa kurang aktif dalam memberikan pertanyaan kepada guru selain yang ada dalam buku teks. Nilai-nilai karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat diwujudkan jika guru memahami bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia yang dberikan guru dalam rangka melatih keterampilan berbahasa peserta didik baik secara lisan maupun tertulis yang sesuai dengan fungsinya. Namun kenyataannya, guru sering terjebak dalam pembelajaran bahasa Indonesia yang lebih menekankan tentang teori kebahasaan. Pembelajaran lebih bersifat konvensional dan materi pembelajaran lebih pada penguasaan konsep-konsep bukan kompetensi. Dengan adanya permasalahan tersebut, bisa dipastikan tujuan membaca tidak akan tercapai secara maksimal. Hal tersebut menggugah peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Keefektifan Strategi Giving Question and Getting Answer terhadap Hasil Belajar MembacaIntensif pada Siswa Kelas IV Madrasah Iptidaiyah Al Abrar Makassar”. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian Eksprimen. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas Madrasah Ibtidaiyah Al Abrar Makassar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes awal (pretest) kepada satu kelompok yang disebut sebagai kelas eksperimen. Kemudian diberikan perlakuan (treatment) dengan menerapkan metode pembelajaran giving question and getting answer, selanjutnya diberikan tes akhir (post-test) pada akhirpembelajaran. Keberlanjutan penelitian ini akan menghasilkan produk dalam bentuk bahanajar dan publikasi ilmiah pada jurnal nasional maupun international.

Keywords


Strategi Giving Question and Getting Answer; pretest; treatment; postest; Nilai karakter; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta : Ditjen Dikti Depdiknas.

Akhadiah,Sabarti. 1991.Bahasa Indonesia I, Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ashari, Fatkhan. 2012. Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar (Cet. 3). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar (Cet. 10). Bandung: CV Pustaka Setia.

Hidayat. 2009. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Mikarsa, Hera Lestari, dkk. 2009. Pendidikan Anak di SD (Cet. 12). Jakarta: Universitas Terbuka.

Mulyati, Yeti, dkk. 2009. Keterampilan Berbahasa SD

Oyewumi, Kassim. 2010. Educationandleadership: A philosophicalperspective.EducationalResearchandReviews Vol. 5 (5), pp. 201-204. Online. Availableathttp://www.academicjournals.org/ERR2 [accessed 01/06/2016].

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar(Edisi 2 Cet. 2). Jakarta: Bumi Aksara.

Rasyid, Abdul 2012. Pengertian Membaca dan Jenis-jenisnyadiposting dari situs http://ilmus3mesta.blogspot.com/2012/02/pengertian-membaca-dan-jenisjenisnya.html. Diakses tanggal 01/06/2016.

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu MODEL-MODEL PEMBELAJARANMengembangkan Profesionalisme Guru (Ed. 2). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Santosa, Puji, dkk . 2010. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD(Cet. 14). Jakarta: Universitas Terbuka

Solchan T, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD(Cet. 9). Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. 2002. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kombinasi (MixedMethods). Bandung: C.V Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM(Cet. 8). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. MEMBACA Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa (Edisi Revisi). Bandung: Angkasa.

Wahyudin, Dinn, dkk. 2008. Pengantar Pendidikan(Cet. 5). Jakarta: Universitas Terbuka.

Wibowo, Wahyu. 2001. Manajemen Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Solchan T, dkk. 2011. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD(Cet. 9). Jakarta: Universitas Terbuka.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Article Metrics

Abstract view : 426 times | PDF view : 123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: