PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS LOC-R (LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI, DAN REFLEKSI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMP NEGERI 5 KOTA TERNATE

Hernita Pasongli(1*), Elsa Nur Aida(2), Eva Marthinu(3), Vrita Tri Aryuni(4), Ramdani Salam(5), Risky Nuri Amelia(6),

(1) Universitas Khairun
(2) Universitas Negeri Semarang
(3) Universitas Khairun
(4) Universitas Khairun
(5) Universitas Khairun
(6) Universitas Khairun
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.61943

Abstract


Model Pembelajaran Think Pair Share  (TPS) telah  banyak diimplementasikan oleh guru di sekolah dan output dari pembelajaran ini adalah peningkatan hasil belajar, aktivitas dan motivasi belajar. SMP Negeri 5 pertama kali memadukan pembelajaran Think Pair Sair (TPS) dengan LOCR. Pembelajaran LOCR merupakan pembelajaran baru yang dimodifikasi dari literasi peta yang terdiri dari Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (kognitif) dengan model pembelajaran TPS berbasis LOC-R di SMP 5 Kota Ternate. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan jumlah sampel 15 siswa yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan, teknik pengampilan sampel berdasarkan purposive sampling. Tes dan lembar observasi digunakan sebagai alat pengumpulan data dengan analisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berbasis LOCR dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan terjadi di siklus II setelah adanya perbaikan pembelajaran yang dilakukan  oleh guru setelah mendapatkan hasil refleksi dari observer dan dosen dari program studi pendidikan geografi. Model pembelajaran TPS dengan LOCR dapat memberikan rekomendasi kepada guru dalam memberikan pendampingan kepada siswa apabila membutuhkan bantuan.

The Think Pair Share (TPS) learning model has been implemented by many teachers in schools and the output of this learning is increased learning outcomes, activity and learning motivation. SMP Negeri 5 first combined Think Pair Sair (TPS) learning with LOCR. LOCR learning is a new learning modified from map literacy which consists of Literacy, Orientation, Collaboration and Reflection. The aim of this research is to determine the improvement in learning outcomes (cognitive) with the LOC-R based TPS learning model at SMP 5 Ternate City. The method in this research is Classroom Action Research (PTK) with a sample size of 15 students consisting of 7 men and 8 women, the sample collection technique is based on purposive sampling. Tests and observation sheets are used as data collection tools with analysis using the percentage formula. The research results show that the LOCR-based Think Pair Share learning model can improve learning outcomes. The increase occurred in cycle II after improvements in learning carried out by the teacher after receiving reflection results from observers and lecturers from the geography education study program. The TPS learning model with LOCR can provide recommendations to teachers in providing assistance to students if they need help.


Keywords


Model Pembelajaran TPS; LOCR; Hasil Belajar; Think Pair Share Learning model; LOCR; Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


Al Muchtar., S. 2013. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Pendidikan IPS; Gelar Pustaka Mandiri.

Amaliyah, N., Fatimah, W., & Abustang, P. B. (2019). Kontribusi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPS. Satya Widya, 35(2), 126-139.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta; Rineka Cipta.

Bayu, Nuansa B. dkk. 2022. Teacher’s Perception: Designing Step-by-Step LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection) in Sociocultural Literacy Teaching. Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Atlantis ) Volume 633.

Bayu, Nuansa B. Maryani, Enok, Supriatna & Ruhimat, MAmat. 2018. Investigated The Imlementation of Map Literascy Learning Model. Jurnal Geosfera Indonesia. Volume 3 No 2 Page 146-162

F. Samad, dan H. Pasongli. 2020 Caring Community in Early Childhood Learning on Theme ‘Profession’ Based on Lesson Study Activity. Sriwijaya International Journal of Lesson Study. Volume 1 No 1 (19-24)

Khoirul Haniin, Markus Diantoro, Supriyono Koes H. 2015. Pengaruh Pembelajaran TPS Dengan Scaffolding Konseptual Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah Sintetis Fisika’, Jurnal Pendidikan Sains, volume 3

Hardiyan, Hary. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Gabungan Antara Problem Based Learning (PBL) dan Think Pair Sare (TPS) Dalam Rangka Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) di SMK 2 Yogyakarta (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Huda, Miftahul. 2011. Penerapan Model Pembelajaran (Meaningful Intruction Design) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn109 Bengkulu Utara. Skripsi.

http://Repository.Iainbengkulu.Ac.Id/3759/1/Miftahul%20huda.Pdf

Insih Wilujeng, Affah Ardhi Saputri, 2016. ‘E-Scaffolding Fisika Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatan Problem Solving Skill Dan Sikap Ilmiah Siswa SMA’, Unnes Physics Education Journal, Vol 5. No 2

Pasongli, Hernita., F. Sumarlina., Purwati, Endang., Marthinu, Eva. 2023. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan artisipasi di Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Seminar Nasional LPPM UMMAT. Vol.2

Pasongli, Hernita., Marthinu, Eva., Adjam, Syarifuddin., Yusuf, Mukhtar & Naki, Susanti. 2022 Penerapan Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Berbasis Literasi Geografi di MTS Darul Ulum Sasa Kota Ternate. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA. Volume 2. Hal 41-49.

Pasongli. Hernita., Marthinu, Eva., Latuju, Julianto., Adjam, Syarifuddin., Dhumati, Facriah & Ikcsan, M. 2022. Aktivitas Belajar Peserta didik dengan pembelajaran Literasi, Orientasi, Colaborasi dan Refleksi di SMPN 7 Kota Ternate. Jurnal Edukasia: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 3 No.3. PP 579-588.

Ruhimat, Mamat. 2017. Peningkatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan melalui Literasi Geografis. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017 Vol. 1 No. 1 2017. Tersedia di http://semnastafis.unimed.ac.id/ index.php/sub-tema/556-2/

Saefuddin. 2011. Pengembangan Profesi Guru, Bandung; Alfabeta

Sugiyanto. Maryani, Enok & Ruhimat, Mamat. 2017. Studi Kepahaman Guru IPS tentang Literasi Geografi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 26 No 2. Page 205-2018.

Sumarni. 2012. Model-Model pembelajaran Geografi. Malang; Aditya Media.

Somantri. 2001. Menggagas Pembaruaan Pendidikan IPS. Bandung; Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

Abstract view : 31 times | PDF view : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: