IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK PERTANIAN PEMBANGUNAN NEGERI BANJAR BARU

Patmawati Patmawati(1*),

(1) SMK – PP Negeri Banjarbaru, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.61029

Abstract


Pendidikan karakter berpijak pada karakter dasar manusia dari nilai moral. Pendidikan karakter merupakan kata kunci dari proses transformasi nilai-nilai luhur di sekolah terkhsusu di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjar Baru. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di bidang Pendidikan Karakter yang terjadi pada mata pelajaran PPKn. Manfaat penelitian ini (i) Manfaat Teoritis, (ii) Manfaat Praktis.Metode penelitian menggunakan metodologi Kualitatif, Fokus Penelitian (i) Para tenaga pendidik yang mengampuh mata pelajaran PPKn di sekolah SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjar Baru. (ii) Kepala Sekolah  SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjar Baru sebagai Pembina dari para pendidik. (iii) Para peserta didik yang menerima langsung proses belajar mengajar di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjar Baru.Teknik Pengumpulan Data (i) Observasi, (ii) Wawancara, (iii) Dokumentasi. Teknik Analisis Data (i) Reduksi Data, (ii) Penyajian Data, (iii) Penarikan Kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Prestasi belajar peserta didik dibidang pendidikan karakter yang terjadi pada mata pelajaran PPKn ditunjukkan dengan meningkatnya hasil pembelajran pendidikan karakter yang ada di SMK Pertanian Pembangunan Negeri Banjar Baru.

Character education is based on basic human character from moral values. Character education is the key word in the process of transforming noble values in schools, especially at the Banjar Baru State Agricultural Development Vocational School. This research aims to determine students' learning achievements in the field of Character Education which occurs in Civics subjects. Benefits of this research (i) Theoretical Benefits, (ii) Practical Benefits.The research method uses Qualitative methodology, Research Focus (i) Educators who teach Civics subjects at the Banjar Baru State Agricultural Development Vocational School. (ii) Principal of Banjar Baru State Agricultural Development Vocational School as coach of educators. (iii) Students who receive directly the teaching and learning process at the Banjar Baru State Agricultural Development Vocational School. Data Collection Techniques (i) Observation, (ii) Interviews, (iii) Documentation. Data Analysis Techniques (i) Data Reduction, (ii) Data Presentation, (iii) Drawing Conclusions.The results of this research show that students' learning achievements in the field of character education that occur in Civic Education subjects are shown by the increase in character education learning outcomes at the Banjar Baru State Agricultural Development Vocational School.


Keywords


Pendidikan Karakter; Peserta Didik; Character Education, Students.

Full Text:

PDF

References


Azra, Azzumardi. Pendiidkan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.

Gunawan. 2012. Heri. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya, Bandung: Alfabeta.

Kementrian Pendidikan Nasioanal Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Jakarta.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2009. Badan Penelitian dan Pusat Pengembangan Kurikulum, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Pedoman Sekolah.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010.Desain Induk Pendidikan Karakter, Jakarta.

Koesoema A, Donie, 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

.2012. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh, Yogjakarta: Kanisius.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Karrakter Pekerjaan rumahespektif Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Satori, Djam’an , dkk 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif , Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Zubaedi. , 2012. Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan, Jakarta: Kencana.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: