PENERAPAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 214 KANNI PINRANG

Musfira Musfira(1*), Usman Usman(2), Resky Rahmatullah Ismail(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.60711

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penerapan media Pop-Up Book untuk meningkatkan proses belajar tentang kenampakan alam alami dan buatan siswa kelas V SD Negeri 214 Kanni Pinrang dan apakah penerapan media Pop-Up Book dapat meningkatkan hasil belajar tentang kenampakan alam alami dan buatan siswa kelas V SD Negeri 214 Kanni Pinrang. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan proses belajar siswa dengan penerapan media Pop-Up Book tentang kenampakan alam alami dan buatan pada siswa kelas V SD Negeri 214 Kanni Pinrang, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan media Pop-Up Book tentang kenampakan alam alami dan buatan pada siswa kelas V SD Negeri 214 Kanni Pinrang. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan Kuantitatif. Dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian 25 siswa dan 1 guru kelas V SD Negeri 214 Kanni Pinrang. Penelitian ini dilaksanakn sebanyak 2 siklus. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menelaah data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini fokus pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar dengan penerapan media Pop-Up Book pada siklus I dan II semakin baik. Sejalan dengan peningkatan, pada siklus I kualifikasi cukup (C) dan siklus II kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan media Pop-Up Book dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi letak geografis indonesia di kelas V SD Negeri 214 Kanni Pinrang.

This research was motivated by the low social studies learning achievement of students. The formulation of the problem of this research is how to application of media Pop-Up Book to improve the learning process about the natural and artificial natural features the V Grade SD Negeri 214 Kanni Pinrang and whether application of media Pop-Up Book can improve students' learning achievement about natural and artificial natural features the V grade SD Negeri 214 Kanni Pinrang. With the aim of the research to determine the improvement in the student learning process by application of media Pop-Up Book regarding natural and artificial natural features the V grade SD Negeri 214 Kanni Pinrang, and to determine the increase in student learning achievement by application of media PopUp Book regarding natural and artificial natural features the V grade SD Negeri 214 Kanni Pinrang. The approach taken is a qualitative approach. With this type of classroom action research (PTK). The research subjects were 25 students and 1 class V teacher at SD Negeri 214 Kanni Pinrang. This research was carried out in 2 cycles. Data was obtained using observation, test and documentation techniques. The data analysis techniques used are analyzing data, reducing data, presenting data and drawing conclusions. This research focuses on the learning process and student learning achievement. The results of the research show that the learning process application of media Pop-Up Book in cycles I and II is getting better. In line with the increase, in cycle I the qualifications were sufficient (C) and in cycle II the qualifications were good (B). The conclusion of this research is that application of media Pop-Up Book can improve student learning processes and Achievement on natural and artificial natural features the V grade SD Negeri 214 Kanni Pinrang.


Keywords


Penerapan media Pop-Up Book; Kenampakan alam alami dan buatan; Hasil Belajar; Application Media Pop-Up Book; Natural and Artificial Natural Features; Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Astra, R. (2018). Pengembangan media pop up book berbasis kontekstual pada pembelajaran ips kelas III sekolah dasar. Universitas Jambi.

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media Pop-Up Book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakuaden kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 221-228.

Fajar, F., & Hasnah, H. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model Snowball Throwing Siswa Kelas IV SDN 19 Parepare. Publikasi Pendidikan, 7(1), 43.

Fitri, N. A. (2017). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Kosakata Melalui Penggunaan Media Pop Up Pada Siswa Tunarungu Kelas I SD DI SLB Damayanti Sleman. Universitas Negeri Yogyakarta, 87(1,2), 149-200.

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabardi Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 04(01), 5–11.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904

Israwaty, I., & Yulia. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Yang Kreatif, efektif dan menarik pada guru sekolah dasar di SD Negeri 35 Parepare. 536-538.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi analisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar pada mata pelajaran Teknik listrik dasar otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 04(02).

Maryam, St. M. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SDN 21 Parepare. Jurnal Publikasi Pendidikan, 5(3).

Musfirah, Mukhlisa, N., & Nur, F. (2021). Penerapan Model Take and Give pada Pembelajaran Tema 2 tentang Persatuan dan Kesatuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI UPT SD Negeri 109 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, xx.

Nurhaidah, & Musa, I. (2016). Pengembangan kompetensi guru terhadap pelaksanaan tugas dalam mewujudkan tenaga guru yang profesional. Jurnal Pesona Dasar, 2(4), 8–27.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2), 333–352.

Safri, M., Sari, S. A., & Marlina. (2017). Pengembangan Media Belajar Pop-Up Book Pada Materi Minyak Bumi. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 107-113.

Susanto, A. (2014). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Wahyuningsih Endang Sri. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. CV Budi Utama


Article Metrics

Abstract view : 24 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: