HUBUNGAN KEDISIPLINAN, MOTIVASI, DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SPF SD NEGERI DAYA 1 KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

Muhamad Idris(1*), Muh. Fihris Khalik(2), Jusmaniar N(3),

(1) Universitas Islam Makassar
(2) Universitas Islam Makassar
(3) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i1.59519

Abstract


Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara disiplin belajar, motivasi, dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kecamatan Beringkanaya Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitan korelasional dengan sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kecamatan Bringkanaya Kota Makassar tahun ajaran 2022/2023. Instrumen penelian angket dan data dokumentasi dalam pengumpulan data di analisis dengan “Analisa Univariat” dan “Analisa Bivariat”. Hasil penelitan dari masing-masing variabel menunjukan bahwa ada hubungan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kecamatan Bringkanaya Kota Makassar ( 0,01 < 0,05) sehingga dapat di simpulkan bahwa ada hubungan signifikan yang positif dan sangat kuat antara kedisiplinan, motivasi dan minat belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA kelas V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Kecamatan Bringkanaya Kota Makassar.

This research aims to determine the relationship between learning discipline, motivation and interest in learning on the learning outcomes of students in class V science subjects at UPT SPF SD Negeri Daya 1, Beringkanaya District, Makassar City. This type of research is correlational research with a research sample of 30 students in class V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Bringkanaya District, Makassar City, academic year 2022/2023. The questionnaire research instruments and documentation data in data collection were analyzed using "Univariate Analysis" and "Bivariate Analysis". The research results of each variable show that there is a relationship with student learning outcomes in science subjects class V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Bringkanaya District, Makassar City (0.01 < 0.05) so it can be concluded that there is a significant positive relationship and very strong relationship between discipline, motivation and interest in learning on learning outcomes in science subjects class V UPT SPF SD Negeri Daya 1 Bringkanaya District, Makassar City.


Keywords


Learning Discipline; Learning Motivation; Learning Interest; and Learning Results; Disiplin Belajar; Motivasi Belajar, Minat Belajar, dan Hasil Belajar.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Achmad Rifa’i dan Catharina Tri Anni. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNES.

Anni Catharina Tri. (2017). Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes press.

Baharuddin, & Wahyuni, E. N. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Bloom, Benyamin.S. (2014). Taxonomy of Educational Objectives. New York, Longman.

Daulae. 2020. Upaya Keluarga dalam Pembinaan Disiplin Belajar di Era Milenial. Darul Ilmi. Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman. Vol 8 No 2, 261-278.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ferdinand,A. (2011). Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Hamalik, Oemar. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Hurlock. E. (2013). Psikologi Perkembangan, Jakarta: Erlangga.

Kristin. F, Sari. Fransiska .F.K. 2019. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol 28 No 1, 31-37.

Mu’arif. (2012). Selamatkan Pendidikan Dasar Kita. Semarang : Need’s Press.

Rusmiasih, R. (2013). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 10 Purworejo. Oikonomia: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2 (3), 27836.

Rothman. (2001). Theory and Practice in Ethnic Conflict Management: Theorizing Success and Failure. Springer.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta, PT Raja Grafindo.

Siregar. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Hasil Belajar pada Materi Listrik Dinamis. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), Vol 2. No2.

Sugiarto, Suyati, & Yulianti. 2019. Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas X SMK Larenda Brebes. Jurnal Mimbar Ilmu. Vol 24 No2, 232–238.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supiono, Syafaruddin & Burhanuddin. (2019). Guru, Mari Kita Menulis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Suprijono, Agus. (2016). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Research 2, Yogyakarta: Andi Offset.

Slameto. (1995). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, Jakarta : Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sojanah dan Hadi. 2020. Kreativitas mengajar guru dan minat belajar siswa sebagai determinan terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper). Vol 5 No 1, 118-128.

Stephen N,. Thomas R,. Joan Littlefield,. John F Travers. (2000). Effective teaching Educational Psychology 3rd edition. New York, Mc Graw-Hill Companies.

Stevani. (2016). Analisis pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA N 5 Padang. Journal of Economic and Economic Education, Vol 4. No 2

Syafi'i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi tentang prestasi belajar siswa dalam berbagai aspek dan faktor yang mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol 2 No 2, 115-123.


Article Metrics

Abstract view : 15 times | DOWNLOAD PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: