PENGARUH PEMASARAN HIJAU DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK ORIFLAME (STUDI KASUS PADA BRAND PARTNER INDEPENDEN DI ORIFLAME MAKASSAR)

Revoluance Adimuntja(1*),

(1) Universitas Kristen Indonesia Paulus Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i1.59358

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Pemasaran Hijau dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Oriflame (Studi kasus pada brand partner independen di Oriflame cabang Makassar). Populasi pada penelitian ini terdiri dari 266 responden dan penarikan sampel yang dilakukan menggunakan metode non probability sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 69 responden, Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda yang bertujuan untuk menguji kembali Pemasaran Hijau dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Oriflame (Studi kasus pada brand partner independen di Oriflame cabang Makassar) dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences Vers. 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Pemasaran Hijau Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian, Citra Merek Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian Dan Pengujian Secara Simultan Mununjukkan Bahwa Pemasaran Hijau Dan Citra Merek Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Keputusan Pembelian.

This study aims to examine the effect of green marketing and brand image on purchasing decisions for oriflame cosmetic products (a case study on an independent brand partner at oriflame makassar branch). The population in this study consisted of 266 respondents and the sampling was carried out using the non-probability sampling method. The sample used is 69 respondents. The analytical tool used is multiple linear regression analysis which aims to re-examine the Effect of Green Marketing and Brand Image on Purchasing Decisions for Oriflame Cosmetic Products (A Case Study on An Independent Brand Partner at Oriflame Makassar Branch) by using the Statistical Package for the Social Sciences Vers. 25. The results of this study indicate that partially the green marketing variable has a positive and significant effect on purchasing decisions, brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions and simultaneous testing shows that green marketing and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions.

 


Keywords


Purchasing Decisions; Green Marketing; Brand Image;Keputusan Pembelian; Pemasaran Hijau; Citra Merek.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Agustin, R. (2018). Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Non- Member Tupperware Di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 22(2), 85919.

Dewi, K., & Aksari, N. (2018). Peran Brand Image Dalam Memediasi Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Produk Oriflame Di Kota Denpasar). E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(11), 251511.

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2019). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian, 21(1), 1–8.

Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Aryka Shop Di Kota Malang). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian, 21(1), 1–8.

Made, N., & Puspa, A. (2018). Pembelian Konsumen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Abstrak Pandangan Dan Pola Hidup Manusia Mulai Bergeser Seiring Dengan Meningkatnya Kesadaran Dan Kepedulian Terhadap Lingkungan ( Muslim Dan Indriani , 2014 ). Meningka. 7(4), 2164–2195.

Mandey, S., & Wangean, R. (2018). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3), 1715–1725.

Sastika, W. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Website E-Commerce Traveloka (Studi Kasus : Pengguna Traveloka Di Kota Bandung Tahun 2015). Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2019(Sentika), 2089–9815. Www.Pegipegi.Com,

Sari, D. C., Wardhana, A., Arfah, Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., Hastutik, S., Poltak, H., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen Pemasaran (R. R. Rerung (Ed.)). Media Sains Indonesia.

Silvia, F., Fauzi, A., & Kusumawati, A. (2018). Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsultan Independen Di Oriflame Cabang Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 1–9.

Sudaryanto, A. A., & Sriono. (2018). Pengaruh Pemasaran Hijau Terhadap Citra Merek Dan Keputusan Membeli Air Mineral Ades. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Paper Ekonomi Dan Bisnis, 2018, 348–352.

Suhardi, D., & Irmayanti, R. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 53. Https://Doi.Org/10.33603/Jibm.V3i1.2086

Suryana, A., & Aulia, S. H. (2021). Mimbar Kampius : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam Mimbar Kampius : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam. 20, 13– 23. Https://Doi.Org/10.17467/Mk.V21i1.873

Sutrisno, W. (2018). Green Marketing Dan Implikasinya Terhadap Sustainable Development Di Era Globalisasi, Kajian Terhadap Strategi Pemasaran Yang Berkelanjutan. Business And Management Journal, 11(2), 1693–9808

Venessa, I., & Arifin, Z. (2018). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 51(1), 44–48.

Yuliyanti, Novita Ayu Dwi. (2021). Keputusan Pembelian ( Studi Pada Konsumen Teh Kotak Jasmine Di Sragen ).


Article Metrics

Abstract view : 34 times | DOWNLOAD PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: