PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i1.59260
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini yaitu hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV UPTD SD Negeri 39 Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 18 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus. Pada siklus I hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B), dari aspek siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan tes evaluasi membaca pemahaman siswa berada pada kualifikasi cukup (C). Pada siklus II hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B), dari aspek siswa berada pada kualifikasi cukup (C) dan tes evaluasi membaca pemahaman siswa berada pada kualifikasi cukup (C). Pada siklus III hasil penelitian pada proses pembelajaran dari aspek guru berada pada kualifikasi baik (B), dari aspek siswa berada pada kualifikasi baik (B) dan tes evaluasi membaca pemahaman siswa berada pada kualifikasi baik (B). Kesimpulan pada penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV UPTD SD Negeri 39 Parepare.
The problem in this study is that the learning outcomes of reading comprehension of fourth grade students have not been maximized. This study aims to determine the process of applying the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) type learning model can improve the learning achievement of reading comprehension of grade IV UPTD SD Negeri 39 Parepare students. The approach used in this research is a qualitative approach and the type of research is Classroom Action Research (PTK). The subjects of this study were teachers and fourth grade students totaling 18 students. The research was conducted in 3 cycles. In cycle I, the results of research on the learning process from the teacher's aspect were in good qualification (B), from the student's aspect were in sufficient qualification (C) and the student's reading comprehension evaluation test was in sufficient qualification (C). In cycle II, the research results on the learning process from the teacher's aspect were at a good qualification (B), from the student's aspect were at a sufficient qualification (C) and the student's reading comprehension evaluation test was at a sufficient qualification (C). In cycle III, the research results on the learning process from the teacher's aspect were at good qualification (B), from the student's aspect were at good qualification (B) and the student's reading comprehension evaluation test was at good qualification (B). The conclusion of this research is that by applying the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) type of learning model can improve the process and learning achievement of reading comprehension of fourth grade students.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Amin, & Linda, Y. S. S. (2022). 164 Model Pembelajaran Kontemporer. Pusat Penerbitan LPPM.
Aprilentina, Fahrurrozi, Anwar, M., & Wicaksono, J. W. (2020). PENGGUNAAN METODE CIRC PADA KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 16(30), 173–182. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2715
Djabba, R., Yulia, & Syalsabila, A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk meningkatkan Hasil Belajar tentang Kayanya Negeriku Siswa Kelas IV SDN 163 Tellulimpoe Kabupaten Wajo. JUARA SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2), 184–196.
Farhana, H., Awiria, & Nurul Muttaqien. (2019). Penelitan Tindakan Kelas. Harapan Cedas.
Hasibuan, A. N., & Rambe, R. N. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan menggunakan Model CIRC (Coorporative Integrated Reading and Composition) di Kelas IV SD Negeri 112331 Aek Kota Batu. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 19. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.1000
Hidayah, N. (2015). PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2).
Ilmi, N. (2022). PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG PERUBAHAN WUJUD BENDA. 2(3).
Lestari, Kurniawati, K. L., Dewi, M. S. A., Hita, I. P. A. D., Astuti, N. M. I. P., & Fatmawan, A. R. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra.
lukman, Musfirah, & Salshaila, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Penerapan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 24 Kota Parepare.
Mediana, P. A., Latifah, N., & Muttaqien, N. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan Teori Taksonomi Ruddell pada Siswa Kelas 4 di Sdn Karawaci. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6.
Mistendeni. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Integrated Rading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Conference Series, 3(3), 1913–1918.
Niliawati, L., Hermawan, R., & Riyadi, A. R. (2018). PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV.
Suhono. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Sistem Reproduksi Manusia. Unisri Press.
Sunarti, S. (2021). PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN DI SEKOLAH DASAR. Penerbit NEM.
Susilowati, D. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 2(01). https://doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Article Metrics
Abstract view : 13 times | DOWNLOAD PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: