PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR DAN TIDAK TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MADANI KOTA MAKASSAR

Musdalifah Musdalifah(1*), Hasisa Haruna(2), Dominggus Gayang(3),

(1) Universitas Patompo
(2) Universitas Patompo
(3) Universitas Patompo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i1.59126

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar model terstruktur dan model tidak terstruktur terhadap siswa kelas XI SMK Madani Makassar. Cara pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan pemberian pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Madani Makassar, sampling dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Madani Makassar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Uji t melalui aplikasi spss 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbandingan model pembelajaran terstruktur dan tidak terstruktur dilihat pada hasil uji t nilai sig (2-tailed) 0,039<0,05, berarti Ho ditolak, dimana Ho: tidak ada perbandingan model pembelajaran terstruktur dan tidak terstruktur. Hasil penelitian ini juga menyimpulkan bahwa adanya Model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dilihat dari gain score Model pembelajaran Terstruktur 22 dan model pembelajaran tidak terstruktur 16,4.

This research is experimental research which aims to determine the comparison of learning outcomes from structured models and unstructured models for class XI students at SMK Madani Makassar. The method for collecting data in this research was by administering a pretest-posttest. The population in this study were students of SMK Madani Makassar, the sampling in this study was students of class XI SMK Madani Makassar. The data analysis technique used is the t test technique via the SPSS 20 application. The research results show that there is a comparison of structured and unstructured learning models seen in the t test results with a sig (2-tailed) value of 0.039<0.05, meaning Ho is rejected, where Ho: there is no comparison of structured and unstructured learning models. The results of this research also conclude that there is a learning model that can improve student learning outcomes, seen from the gain score for the Structured learning Model of 22 and the unstructured learning model of 16.4.


Keywords


Structured Learning Model; Unstructured Learning Model; Learning Outcomes; Model Pembelajaran Terstruktur; Model Pembelajaran Tidak Terstruktur; Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abdullah P. 17-04-2022. Analisis Data Penelitian Eksperimen Desain Pretest-Posttest Control. Youtube. http://www.youtube.com./@abdullahpandang-ruangbelajar.

Amalia R. (2017). Peningkatan Hail Belajar Siswa. Universitas Andalas, sumatra barat. Wikipedi Gagne. 1985. Definisi Pembelajaran Terstruktur. diakses pada internet tgl 26-11-23 dari: https://www.google.com/search?q=definisi+pembelajaran+terstruktur+menurut+Gagne+1985&sca_esv

Hamalik. 2006. Defini Hasil Belajar. Diakses dari internet pada tgl 26-11-23 dari: https://repository.uir.ac.id/4938/6/bab2.pdf

Marhiyanto, B. 2000. Definisi Perbandingan. Diakses di internet 25 November 2023 dari: https://www.google.com/search?q=perbandingan+menurut+bambang+marhiyanto&oq

Pedoman Penulisan Skripsi. 2022. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Patompo.

Piaget. 1972. Definisi pembelajaran terstruktur. diakses diinternet pada tgl 26-11-23 dari: https://www.studocu.com/id/document/universitas-pendidikan-indonesia/strategi-pembelajaran/pembelajaran-terstruktur/45578437

Purwanto. 2011. Definisi Hasil Belajar. Diakses pada internet tgl 26-11-23 dari: https://media.neliti.com/media/publications/201126-pengaruh-motivasi-belajar-dan-hasil-bela.pdf

Sarjana dkk. 2022. Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar, Diakses pada tgl 26-11-23 dari:https://repository.stkippacitan.ac.id/id/eprint/902/6/RUDI%20NUR%20BIANTORO_BAB%202_PM2022.pdf

Sudirman. 2007. Definisi Hasil Belajar. Diakses pada internet tgl 26-11-23 dari: https://repository.uin-suska.ac.id/21330/7/7.%20BAB%20II.pdf

Sudjana, D. 2000. Stategi pembelajaran Dalam Pendidikan Luar sekolah. Bandung: Nusantara Press.

Studocu.com 2013. Pembelajaran Terstruktur. Diakses pada taggal 23-06-23 dari:

https://www.studocu.com/id/document/universitas.pendidikan/indonesia/strategi-pembelajaran/pembelajaran-terstruktur/45578437

Utomo. 2020. Komponen Model Pembelajaran. Diakses pada internet tgl 25-11-23 dari: http://repository.radenintan.ac.id/23905/1/68.%20Pengantar%20Model%20Pembelajaran.pdf


Article Metrics

Abstract view : 41 times | DOWNLOAD PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: