PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI ARTICULATE STORYLINE 3 DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MAKASSAR

Hasnidar Hasnidar(1*), Jumadi Jumadi(2), Najamuddin Najamuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makasssar
(2) Universitas Negeri Makasssar
(3) Universitas Negeri Makasssar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i2.59125

Abstract


The research method used in this study is qualitative with descriptive analysis approach. Data collection techniques are done by observation, interview and documentation. Data validity techniques using source triangulation with principals, subject teachers and students. Data analysis techniques are carried out by condensing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of the study found that (1) the utilization of Articulate Storyline 3 applications in social studies learning through; (a) Articulate Storyline Engage is used to design interactive learning media. (b) Articulate Storyline Quiz Maker is used to design interactive questions with a variety of variations, (c) Articulate Storyline Presenter is used to combine interactive learning media that has been created in Articulate Storyline Engage and Articulate Storyline Quiz Maker (d) Articulate Storyline Video Encorder is used to edit videos and voice recordings (2) Supporting and inhibiting factors of social studies learning by using the Articulate Storyline 3 application; (a) supporting factors include being accessible to more students due to flexibility in the use of both devices and internet networks, varied application features make it easier for teachers to design materials, and a more attractive appearance makes learning more interactive with feedback from students (b) inhibiting factors include the Articulate Storyline 3 application is not yet popular among educators this application is not yet available in PlayStore and can only be installed via the link, the limited presentation of material content to be applied using the Articulate Storyline 3 application, and limited supporting facilities in each school so there needs to be procurement of supporting facilities from the school.

Penelitian ini bertujuan untuk (i) menganalisis pemanfaatan aplikasi Articulate Storyline 3 dalam pembelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Makassar (ii) menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPS dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3 di SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabasahan data menggunakan triangulasi sumber dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran dan peserta didik. Teknik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) pemanfaatan aplikasi Articulate Storyline 3 dalam pembelajaran IPS melalui; (a) Articulate Storyline Engage dimanfaatkan untuk mendesain media pembelajaran inteaktif. (b) Articulate Storyline Quiz Maker dimanfaatkan untuk mendesain soal-soal interaktif dengan berbagai macam variasi, (c) Articulate Storyline Presenter dimanfaatkan untuk menggabungkan media pembelajaran interaktif yang telah dibuat di Articulate Storyline Engage dan Articulate Storyline Quiz Maker (d) Articulate Storyline Vidio Encorder dimanfaatkan untuk mengedit vidio dan rekaman suara (2) Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran IPS dengan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3; (a) faktor pendukung diantaranya dapat diakses lebih banyak peserta didik dikarenakan fleksibilitas dalam penggunaan baik perangkat maupun jaringan internet, fitur aplikasi yang bervariasi memudahkan guru untuk mendesain materi, dan tampilan yang lebih menarik membuat pembelajaran lebih interaktif dengan adanya umpan balik dari peserta didik (b) faktor penghambat diantaranya aplikasi Articulate Storyline 3 belum populer di kalangan pendidik aplikasi ini belum tersedia di playstore dan hanya dapat diinstal melalui link, keterbatasan penyajian muatan materi untuk diterapkan menggunakan aplikasi Articulate Storyline 3, dan keterbatasan sarana pendukung di setiap sekolah sehingga perlu ada pengadaan fasilitas penunjang dari sekolah.


Keywords


Social Studies Learning; Articulate Storyline 3 Application; Learning Media; Pembelajaran IPS; Aplikasi Articulate Storyline 3; dan Media Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Darung A, S. & N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Geografi Menggunakan Poster Infografis. Geodusains Jurnal Pendidikan Geografi, 1(1), 27–41.

Donnelan, J. (2021). Articulate Storyline 360. Computer Assisted Language Learning Elektronic Journal (CALL-EJ), 22(3), 251–260.

Febriandi. (2020). Evektivitas Multimedia Interaktif Terhadap Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 5 SD 58 Lubuklinggau. Jurnal Elementari School.

Khusnah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Jimat Menggunakan Articulate Storyline. Jurnal Analisa, 6 (2), 197–208.

Nurfajriani. (2020). Pengaruh Multimedia Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Laju Reaksi. Prosiding Seminar Kimia, 75–80.

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Alqur’an, Hadis, Syariah Dan Tarbiyah, 3.1.

Pakpahan. (n.d.). Pengembangan Media Pembelajaran.

Panduwinata Sofiyahnurriyanti. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) pada Materi Prosedur Penyimpanan Arsip. Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–28.

Salsabila, U. . & A. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Evaluasi Pembelajaran. Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133.

Sam, N. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Materi Pelajaran IPS di SMPN 46 Makassar. Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 1(3), 138–148.

Sari, R. . & H. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4 (1), 122–130.

Saski, N. . & S. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 1118–1124.

Saskia Ajizah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline pada Materi Sistem Tata Surya untuk Kelas VII SMP/MTs. In Indonesian Journal of Science Education and Applied Science, 2 (2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Yuanta F. (2020). Pengembangan Media Vidio Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, I.


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: