PERAN GURU IPS SEBAGAI ALTERNATIF DISORIENTASI PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK FASE D DI SMP NEGERI 1 POLEWALI

Nurwapika Nurwapika(1*), Supriadi Torro(2), Sirajuddin Saleh(3), Najamuddin Najamuddin(4),

(1) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(3) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(4) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i1.59049

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengidentifikasi peran guru IPS dalam membimbing perilaku sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Polewali (ii) mengidentifikasi faktor penyebab disorientasi perilaku sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Polewali (iii) menganalisis strategi guru IPS dalam mengatasi disorientasi perilaku sosial peserta didik di SMP Negeri 1 Polewali. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Jumlah informan pada penelitian ini sebanyak 5 informan yang ditentukan melalui tehnic purposive sampling dengan kriteria guru IPS yang telah mengajar lebih dari empat tahun semester dan peserta didik yang memiliki catatan lebih dari 2 kali guru BK. Teknik pengumpulan data dilakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan kepala sekolah dan guru BK. Tehnik analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa (i) peran guru IPS dalam membimbing perilaku sosial peserta didik dapat dilihat dari (1) guru sebagai administrator, (2) guru sebagai korektor, (3) guru sebagai fasilitator, (4) guru sebagai pembimbing, (5) guru sebagai motivator (6) guru sebagai demonstrator, (7) guru sebagai pengelola kelas dan (8) guru sebagai evaluator (ii) faktor penyebab disorientasi perilaku sosial peserta didik (1) faktor pribadi (2) faktor keluarga (3) pergaulan dengan teman (iii) Strategi yang diterapkan  guru IPS dalam mengatasi disorientasi perilaku sosial peserta didik dilihat dari (1) pendekatan persuasif, (2) edukatif, (3) rehabilitatif dan (4) penguatan sistem regulasi aturan.

This research aims to (i) identify the role of social studies teachers in guiding the social behavior of students at SMP Negeri 1 Polewali (ii) identify the factors that cause disorientation of social behavior of students at SMP Negeri 1 Polewali (iii) analyze the strategies of social studies teachers in overcoming disoriented social behavior students at SMP Negeri 1 Polewali. The research method used is descriptive qualitative with a case study approach. The number of informants in this study was 5 informants who were determined through a purposive sampling technique with the criteria of social studies teachers who had taught for more than four semesters and students who had more than 2 guidance and counseling teachers' records. Data collection techniques include observation, interviews and documentation. The data validation technique uses source triangulation with school principals and guidance and counseling teachers. Data analysis techniques are carried out by condensing data, presenting data and drawing conclusions. The research results found that (i) the role of social studies teachers in guiding students' social behavior can be seen from (1) teachers as administrators, (2) teachers as correctors, (3) teachers as facilitators, (4) teachers as mentors, (5) teacher as motivator (6) teacher as demonstrator, (7) teacher as class manager and (8) teacher as evaluator (ii) factors causing disorientation of students' social behavior (1) personal factors (2) family factors (3) interactions with friends (iii) The strategies implemented by social studies teachers in overcoming disoriented student behavior are seen from (1) persuasive, (2) educative, (3) rehabilitative approaches and (4) strengthening the regulatory system.


Keywords


Peran Guru IPS; Disorientasi; dan perilaku sosial; Role of Social Studies Teachers; Disorientation; and social behavior

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Affa, Azmi, Rahman, & Nada. (2021). Praktik Gerakan Sekolah Menyenangkan. UAD Press.

Amalia, R. (2021). Membangun Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah.

Azizah, W. (2023). Peran Guru dalam Membentuk Perilaku Siswa di SMA Muhammadiyah Kupang. PENSOS : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Pendidikan Sosiologi, 1(2), 55–61.

https://doi.org/10.59098/pensos.v1i2.1298

Eliza, T. (2021). Strategi Upan Balik Sebagai Alternatif Strategi Pembelajaran Penerapan Dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesi.

Elly Manizar. (2015). Peran Guru Sebagai Motivator Dalam Belajar. Tadrib, 1 No 2.

Endang Widi Winarmi. (2018). Teori Dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Research And Development (R&D) (1st ed.). PT Bumi Aksara.

Fitrianah, R. D., & Saputri, M. O. (2021). Strategi Guru IPS dalam Mananamkan Sikap Toleransi pada Siswa Multikultural: Studi Kasus di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 95. https://doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4888

Fitriawati, C., Sulistiyorini, & Parijo. (2017). Penerapan Sistem Poin Dalam Menanggulangi Siswa Yang Melanggar Aturan di SMA N 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–11.

Ida Bagus Alit Arta Biguna. (2023). Manajemen Peserta didik. PT Sada Kurnia Pustaka.

Ika Farhana. (2023). Merdekakan Pikiran dengan Kurikulum Merdeka Memahami Konsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Lindan Bestari.

Lena, M. S., Sartono, Malta, J. F. Y., & Herini, M. S. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar. Multidicplinary Scienstifict Journal.

Magdalena, I., Rahmawati, Denisyah, D., Rizkyah, Asriyah, K., & Robiatul. (2020). Metode Pembelajaran Pemberian Reward Terhadap Siswa Kelas 5 Sd Bubulak 2 Kota Tangerang. Edukasi Dan Sains, 2(1), 114–122. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi/article/view/794?articlesBySameAuthorPage=16

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122

Mario, S. P. N. J., Husain, Liliani, D., Meisarah, F., Wolo, H. B., Hikmah, N., Tirta, G. A. R., Muhammadiah, Hasan, M., Muhammad, Lailisna, Novi, N., Utami, Oka, G. A., Sarip, & Firda. (2022). Teori Belajar Dan Aliran-Aliran Pendidikan. PT Sada Kurnia Pustaka.

Meryanti. (2015). Memahami Karakteristik Anak. Fakta Press lAIN Raden lntan Lampung.

Naway, F. A. (2016). Strategi pengelolaan pembelajaran. Ideas Publising.

Nugroho Wibowo. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya belajar DI SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1,.

Pratiwi, D. A., Kosilah, Asnawi, Susilo, A., Wau, M. P., Suardika, K., Movitaria, M. A., Syarifuddin, Ima, Robertus, Akhmad, Najuah, & Salman. (2021). Konsep Dasar IPS. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Ramlah. (2018). Pentingnya layanan bimbingan konseling bagi peserta didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(September), 70–76. https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/mauizhah/article/download/8/6/

Rizky Oktarina Costa. (2022). Pengaruh Komunikasi Persuasif Guru terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Alam Tunas Mulia. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 4 N.

Safitri, D. (2019a). Menjadi Guru Profesional. PT Indragiri Dot Com.

Wahyudi, A., Maulidah, Y., & Awaliah, R. (2022). Pelaksanaan Rehabilitasi Sekolah Untuk Mengatasi Masalah Siswa Di Ma Al-Mardliyah. 1(1), 39–46.

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.515

Yohamintin. (2023). Buku Ajar Etika Profesi Guru (1st ed.). Indonesia Emas Group.

Zaturrahmi. (2019). Lingkungan Belajar Sebagai Pengelolaan Kelas Sebagai Sebuah Kajian Literatur. E-Tech, Volume 07.

Zuchri Abdussamad. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. In CV Syakir Media Press. https://doi.org/10.4324/9781315661063-13


Article Metrics

Abstract view : 35 times | DOWNLOAD PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: