PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN DEMOKRATIS PESERTA DIDIK

Basaria Basaria(1*), Rasyid Ridha(2), Ibrahim Ibrahim(3), Najamuddin Najamuddin(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v7i1.58785

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap demokratis peserta didik pada mata pelajaran IPS di MTs Negeri 1 Mamuju. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan wawancara. Sampel penelitian ini terdiri dari 1 guru dan 1 kelas VIII di MTs Negeri 1 Mamuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sikap demokratis. Indikator merumuskan masalah menunjukkan kemampuan berpikir kritis. Peserta didik memiliki kemampuan untuk bertanya dan menjawab pertanyaan, menganalisis masalah, mencari informasi yang relevan, dan membuat kesimpulan tentang hasil presentasi. Dari perspektif demokratis, peserta didik memiliki kebebasan berbicara, menghargai pendapat orang lain, bekerja sama atau berkolaborasi dalam membuat keputusan, dan terbuka terhadap pendapat orang lain. Namun, sikap demokratis peserta didik yang paling menonjol dalam konteks ini adalah bekerja sama dalam kelompok. Perilaku demokratis peserta didik saat berbicara dinilai sangat mendukung aktivitas belajar mereka.

 

The aim of the research is to find out how the application of the Problem Based Learning Model can improve students' critical thinking skills and democratic attitudes in social studies subjects at MTs Negeri 1 Mamuju. This research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques using observation and interviews. The sample for this research consist of 1 teacher and 1 class VIII at MTs Negeri 1 Mamuju. The research finding shows that applying the Problem Based Learning model can improve critical thinking skills and democratic attitudes. Indicators of formulating problems show critical thinking skills. Students have the ability to ask and answer questions, analyze problems, search for relevant information, and make conclusions about the results of the presentation. From a democratic perspective, students have freedom of speech, respect other people's opinions, work together or collaborate in making decisions, and are open to other people's opinions. However, the most prominent democratic attitude of students in this context is working together in groups. Students' democratic behavior when speaking is considered to really support their learning activities.


Keywords


Problem Based Learning; Berpikir Kritis dan Sikap Demokratis; Problem based Learning; Critical Thinking and Democratic.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Amir, M Taufiq. 2013. Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Aprilliyanti, Eka. 2013. ‘Hubungan Kompetensi Kepribadian Guru IPS dengan Sikap Demokratis Peserta Didik di SMK Negeri 1 Banjarmasin’. (Thesis Citizenship Education Program, Department of Social Sciences Faculty of Teacher Education University of Hull Mangkurat)

Facione, Peter A. Berpikir Kritis: Apa Artinya dan Mengapa Itu Penting (Millbrae, CA: Measured Reasons dan The California Academic Press, 2013. Https://www.nyack.edu/files/CT_What_Mengapa_2013.pdf

Firdaus, Ismail Kailani, Md. Nor Bin Bakar, Bakry, “Developing Critical Thinking Skills of Students in Mathematics Learning.” Journal of Education and Learning, Vol. 9, No.3 (2015): 226-336. Http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/1830/pdf_94

Fisher, Alec. 2009. Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. Terj. Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Johnson. Elaine. 2007. Contextual Teaching Learning. Bandung: Nizen Learning Center.

Kuswana, W.S., 2011. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. & Saldana, (2014). An Expanded Sourcebook Qualitative Data Analysis (Fourth Edi). London: SAGE Publications.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Paul, Richard dan Linda Elder. "Panduan Miniatur untuk Konsep dan Alat Berpikir Kritis." Mengumumkan Konferensi Internasional Tahunan ke-28 tentang Berpikir Kritis, Near University of California di Berkeley, 19-24 Juli (2008). 1-24. Https://mmsdamps.files.wordpress.com/2017/03/pemikiran-kritis.pdf

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Snyder, Lisa Gueldenzoph dan Snyder, Mark J. "Mengajarkan Pemikiran Kritis dan Keterampilan Pemecahan Masalah." Jurnal Delta Pi Epsilon, Volume L, No.2, Musim Semi/Musim Panas (2008): 90-99.

Sumertha, I Gede. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Jilid 2 No 2 Hal. 195-202. Tersedia Pada : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JP2/article/view/17908/10706


Article Metrics

Abstract view : 70 times | DOWNLOAD PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: