PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V UPT SPF SD INPRES KAPASA KOTA MAKASSAR

Nur Ilmi(1*), Abdul Wahid(2), Syarifah Nur Fajrin(3),

(1) Universitas Islam Makassar
(2) Universitas Islam Makassar
(3) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.53498

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPA di kelas V UPT SPF SD Inpres Kapasa Kota Makassar, mengetahui gambaran keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V UPT SPF SD Inpres Kapasa Kota Makassar, dan mengetahui gambaran peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran make a match pada mata pelajaran IPA di kelas V UPT SPF SD Inpres Kapasa Kota Makassar. Subjek penelitian adalah siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Kapasa Kota Makassar. Adapun metode yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data yang yaitu observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik secara kuantitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran make a match pada pembelajaran IPA dilihat dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan, hasil wawancara guru dan siswa, dan hasil tes siklus I menunjukkan bahwa siswa yang nilainya di atas KKM sebesar 63,63% dan pada siklus II nilai siswa yang di atas KKM meningkat sebesar 86,36%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match keaktifan belajar siswa meningkat pada mata pelajaran IPA di kelas V UPT SPF SD Inpres Kapasa Kota Makassar.

This research aims to find out the description of the make a match learning model in science subjects in class V UPT SPF SD Inpres Kapasa, Makassar City, find out the picture of student learning activity in science subjects in class V UPT SPF SD Inpres Kapasa, Makassar City, and find out the picture of improvement active learning of students by implementing the make a match learning model in science subjects in class V UPT SPF SD Inpres Kapasa, Makassar City. The research subjects were class V students of UPT SPF SD Inpres Kapasa, Makassar City. The method used is classroom action research with data collection techniques namely observation, tests, interviews and documentation. The data in this research were analyzed using descriptive quantitative statistical analysis. Based on the results of the research, it shows that the increase in student learning activity by using the make a match learning model in science learning can be seen from the results of observations of teacher and student activity which have increased, the results of teacher and student interviews, and the results of the first cycle test show that students whose scores are above the KKM amounted to 63.63% and in cycle II the students' scores above the KKM increased by 86.36%. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that by implementing the make a match learning model, student learning activity increases in science subjects in class V UPT SPF SD Inpres Kapasa, Makassar City.


Keywords


Make A Match; Keaktifan Belajar; Mata Pelajaran IPA; Make A Match; Learning Activeness; Science Subjects.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Afandi, Muhamad, et al. "Model dan metode pembelajaran." Semarang: Unissula (2013).

Ahdar, Ahdar, and Wardana Wardana. "Belajar dan pembelajaran: 4 pilar peningkatan kompetensi pedagogis." (2019)

Anda Juanda, A. J. "Penelitian Tindakan Kelas: Classroom Action Research." (2016)

Basir, Mochamad, and Andi Taufan Bayu Dewantara. "Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Media Interaktif Pada Pembelajaran PJOK Secara Online." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III. 2021.

Fuad, Zainul. "Penggunaan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Tematik." Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 1.1 (2018): 46-59.

Helmiati, Haji, and M. Ag. "Model Pembelajaran." Yogyakarta: Aswaja Pressindo (2012).

Karwono, Heni Mularsih, and Heni Mularsih. "Belajar dan pembelajaran serta pemanfaatan sumber belajar." Depok: Raja Grafindo Persada (2017)

Noor, Tajuddin. "rumusan tujuan pendidikan nasional pasal 3 undang-undang sistem pendidikan nasional No 20 Tahun 2003." Wahana Karya Ilmiah Pendidikan 2.01 (2018)

Rahmawati, Isna, and Putri Zudhah Ferryka. "Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa di Kelas IV SDN 3 Karanganom." El Midad 12.2 (2020): 115-132.

Siteri, Ni Ketut. "Penggunaan Model Pembelajaran Make A Match sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Seni Budaya." Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran 3.2 (2019): 137-144

Subakti, Hani, et al. Teori Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis, 2022.

Wedyawati, Nelly dan Yesinta Lisa. “Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar’. Yogyakarta: CV. Budi Utama. (2019)

Widiana, I. Wayan. "Pengembangan asesmen proyek dalam pembelajaran ipa di sekolah dasar." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5.2 (2016): 147-157.

Zaeni, Zaeni, et al. "Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Gamestournaments (TGT) Pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 Di 1 SMA N 15 Semarang." Prosiding Seminar Nasional & Internasional. 2017.


Article Metrics

Abstract view : 114 times | DOWNLOAD PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: