DAMPAK MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SDN 45 TALAGA ENREKANG

Syamsidar Syamsidar(1*),

(1) SDN 45 Talaga
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.52757

Abstract


This study aims to find out: (1) Is there any influence of learning motivation on the achievement of social sciences at SDN 45 Talaga (2) Is there any influence on the achievement of social sciences learning at SDN 45 Talaga (3) Is there any influence of learning motivation and school environment together on the achievement of learning Social Sciences (IPA) at SDN 45 Talaga. This study uses correlational with descriptive quantitative approach. The samples in this study were grade IV, V and VI students who numbered 28 students. Sampling technique is by Purposive Sampling technique with participant criteria. This research data was collected through observations, interviews, and documentation. The results showed that: (1) There was no significant influence between learning motivation and IPA learning achievement of learners with rhitung correlation coefficient of 0.195. The apostate value with the amount N = 28 at the error level of 5% is 0.374. Judging from the acquisition of the price r known that 0.195 < 0.374 or rhitung < rtabel, From the data obtained a coefficient of determination (R Square) of 0.038. (2) There is no significant influence between the school environment and students' IPA learning achievement with a correlation coefficient of -0.088. The table r value with the amount N=28 at the 5% error level is 0.374. This indicates that r counts negative and is smaller than table r (-0.088 < 0.374). From the data obtained coefficient of determination (R Square) of 0.008. (3) There is no significant influence between the motivation of learning and the school environment of students' IPA learning achievements. with the correlation coefficient being 0.213. This shows a low influence while the simultaneous contribution of motivational variables and school environment to IPA learning achievement is 4.5%.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alamdi SDN 45 Talaga (2) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam di SDN 45 Talaga (3) Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN 45 Talaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas  IV, V dan VI yang berjumlah 28 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sampling dengan kriteria peserta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa : (1) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA peserta didik dengan  koefisien korelasi rhitung sebesar 0,195. Nilai rtabel dengan jumlah N = 28 pada taraf kesalahan 5% adalah 0.374. Dilihat dari perolehan harga r diketahui bahwa 0,195 < 0,374 atau  rhitung < rtabel, Dari data tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,038. (2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan prestasi belajar IPA peserta didik dengan koefisien korelasi sebesar -0,088. Nilai r tabel dengan jumlah N=28 pada taraf kesalahan 5% adalah 0,374. Hal ini menunjukkan bahwa r hitung negatif dan lebih kecil dari r tabel (-0,088 < 0,374). Dari data tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,008. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar dan lingkungan sekolah tehadap prestasi belajar IPA peserta didik. dengan koefisien korelasi adalah 0,213. Hal tersebut menunjukan pengaruh yang rendah sedangkan konstribusi secara simultan variable motivasi dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar IPA adalah 4,5%.


Keywords


Learning Achievement; Learning Motivation; School Environment; Prestasi Belajar; Motivasi Belajar; Lingkungan Sekolah

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abror, A. R. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT Tiara Wacana.

Abu Ahmadi. 1991. Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abu Ahmadi. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arif, Rohman. 2009. Memahami Pendidikan dan Ilmu Pendidikan.

Yogyakarta: LaksBang Mediatama.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arnie, Fajar. 2005. Portofolio dalam Pelajaran IPA. Bandung: PT Remaja RoSDNakarya.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Darsono, Max. 2001. Belajar dan Pembelajaran. Semarang : UNNES.

Djaali, H. 2008. Psikologi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful, Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erwin Setiadi Pangestu. 2016. Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Lingkungan BelajarTerhadap Hasil Belajar Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1Metro Tahun Ajaran 2015/2016.SkrIPAi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan : Universitas Lampung Bandar Lampung.

Fakih S. & Bunyamin M. 1998.Konsep Dasar IPA. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Penelitian bagi Program SPSS. Semarang: badan Penerbit UNDIP.

Hamalik, Oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Hasbullah. (2009). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayati. 2002. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alamdi Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program D-II PGSDN Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Ilyas, Muhammad. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar danLingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPASMA Negeri 1 Ngaglik Tahun Ajaran 2013/2014. SkrIPAi. Fakultas Ekonomi : Universitas Negeri Yogyakarta.

Nasution, Noehi. 1996. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ngalim, Purwanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja RoSDNakarya.

Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada.

Septiyana, Elsa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Sekolah TerhadapPrestasi Belajar Akuntansi SiswaKelas Xi IPA di SMA Negeri 1 BanjarnegaraTahun 2010/2011. SkrIPAi. Fakultas Ekonomi : Universitas Negeri Semarang.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, danR&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana,Syaodih. 2005. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja RoSDNa Karya.

Suryabrata, Sumadi. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajawali Grafindo Persada.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Belajar. Jakarta: Erlangga.

Tarmudji, Tarsis. 1992. Statistik Dunia Usaha. Yogyakarta: Liberty.

Tu’u, Tulus. 2006. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.

Uno, Hamzah B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI.

Winkel.1996 .Psikologi Belajar dan Perkembangan Anak. Jakarta: Yudhistira.

Yusuf, Syamsu. 2001. Psikkologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja RoSDNakarya


Article Metrics

Abstract view : 71 times | DOWNLOAD PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: