PENGARUH KEGIATAN LITERASI TERHADAP MINAT BACA DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD INPRES BAROMBONG 2 KOTA MAKASSAR

Fitria Fitria(1*), Abrina Maulidnawati J(2), Erwin Nurdiansyah(3), Mulyadi Mulyadi(4),

(1) Universitas Islam Makassar
(2) Universitas Islam Makassar
(3) Universitas Islam Makassar
(4) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.52719

Abstract


This research aims to find out: (1) what is the description of the implementation of literacy activities on reading interest and Indonesian language learning outcomes for fourth grade students at SD Inpre Barombong 2, Makassar City. (2) Do literacy activities influence reading interest and Indonesian language learning outcomes for Class IV Students at SD Inpres Barombong 2, Makassar City. The type of research used is experimental one group pretest-posttest which has one independent variable and two dependent variables. The independent variable is literacy activities and the dependent variable is reading interest and learning outcomes. The research population and sample were 36 grade IV students at SD Inpres Barombong 2, Makassar City. Instruments and data collection are activity observations, questionnaires, tests and documentation. The data analysis used is descriptive analysis and inferential analysis. The research results obtained are: (1) The implementation of learning literacy activities at SD Inpres Barombong 2, Makassar city is good. (2) There is an influence of literacy activities on students' reading interest after treatment of 69.4%, learning outcomes after treatment of 41.7%, for hypothesis testing obtained 0.000 < 0.005, namely Ho is rejected. Based on research, literacy activities have a positive and significant effect on reading interest and learning outcomes of class IV students at SD Inpres Barombong 2, Makassar city.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatuhui: (1) bagaimana gambaran pelaksanaan kegiatan literasi terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Inpre Barombong 2 Kota Makassar. (2) apakah kegiatan literasi berpengaruh terhadap minat baca dan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres Barombong 2 kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperiment one group pretest-postest yang memiliki satu variabel bebas dan dua variabel terikat. Varibel bebas adalah kegiatan literasi dan variabel terikat adalah minat baca dan hasil belajar. Populasi dan Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Barombong 2 Kota Makassar sebanyak 36 siswa. Instrumen dan pengumpulan data yaitu observasi kegiatan, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Pelaksanaan kegiatan literasi belajar di SD Inpres Barombong 2 kota Makassar baik. (2) Ada pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca siswa setelah perlakuan sebesar 69,4%, hasil belajar setelah perlakuan sebesar 41,7%, untuk uji hipotesis diperoleh 0,000 < 0,005 yaitu Ho ditolak. Berdasarkan penelitian maka kegiatan literasi berpengaruh positf dan signifikan terhadap minat baca dan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Barombong 2 kota Makassar.


Keywords


Literacy Activities; Interest in Reading; Learning Results; Kegiatan Literasi; Minat Baca; Hasil Belajar.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. 2019-. Pengaruh implementasi gerakan literasi sekolah terhadap minat baca dan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas v sd gugus ii kuta utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74-83.

Amri, S., & Rochmah, E. (2021). Pengaruh kemampuan literasi membaca terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(1), 52-58.

Baharun, H. 2015. Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1).

Darmawansyah, T. T., Aguspriyani, Y., Setiadi, R. M., Marfu'ah, S., & Polindi, M. 2023. Dampak Kegiatan Kuliah Kerja Nyata dalam Meningkatkan Kegiatan Literasi Anak di Lingkungan Sekolah Desa Kertaraharja. Turast: Jurnal Penelitian dan Pengabdian, 11(1), 39-44.

Iis Isnawati, Yuni Ernawati, Literasi melalui presentasi,(t.t. : METAEDUKASI, 2019), h. 3

Makbul, M. Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian. 2021.

Malawi, I., Tryanasari, D., & Apri Kartikasari, H. S. 2017. Pembelajaran literasi berbasis sastra lokal. Cv. Ae Media Grafika

Mansyur, U. 2020. Minat Baca Mahasiswa: Potret Pengembangan Budaya Literasi di Universitas Muslim Indonesia. Literasi: Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia Serta Pembelajarannya, 4(2), 135-141.

Qomusuddin Ivan Fanani. 2019. statistik Pendidikan. Cet;1: Yogyakarta : Deepublish, h. 6

Sudaryanto, S., Widayati, W., & Amalia, R. 2020. Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Kode: Jurnal Bahasa, 9(2).

Sugiyono, S., & Lestari, P. 2021. Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional).


Article Metrics

Abstract view : 67 times | DOWNLOAD PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: