PERAN FITUR PROMO LAYANAN OFD TERHADAP BUDAYA KONSUMSI MAHASISWA DI KOTA MAKASSAR

Arini Widyastuti(1*), Hamka Naping(2), Safriadi Safriadi(3), Pawannari Hijjang(4), Muh Basir Said(5),

(1) Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(2) Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(3) Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(4) Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(5) Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.52223

Abstract


This research was motivated by the use of the service promo feature on OFD by students in Makassar City. This research aims to determine the role of promo features on the consumption power of OFD services, the factors that influence the use of promotional features on OFD services and the impact of using promo features on OFD services for students in Makassar City. This research uses qualitative methods with data collection techniques in the form of observation and in-depth interviews with 10 students from several universities in Makassar City, active users of OFD services. The research results show that: (1) The role of the OFD promo feature for OFD service users is as a source of knowledge and information regarding a variety of food and drinks, helping to understand financial management, understanding e-commerce market movements, especially those related to culinary. And it has a negative role in decreasing interest in processing food directly, as well as influencing lifestyles that become hedonistic, consumptive and adopting an ostentatious nature. (2) Factors that influence the use of promotional features on OFD consist of price, variety, free shipping, rating, group perspective and habits.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan fitur promo pada layanan OFD oleh mahasiswa di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran fitur promo terhadap budaya konsumsi pengguna layanan OFD, faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan fitur promosi pada layanan OFD serta dampak penggunaan fitur promo layanan OFD bagi mahasiswa di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara secara mendalam pada 10 orang mahasiswa yang berasal dari beberapa Universitas di Kota Makassar, pengguna layanan OFD secara aktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran fitur promo OFD bagi pengguna layanan OFD sebagai sumber pengetahuan dan informasi mengenai variasi makanan dan minuman, membantu memahami management keuangan, memahami pergerakan pasar e-commerce terutama yang berhubungan dengan kuliner. Dan berperan negatif terhadap penurunan minat dalam  mengolah makanan secara langsung, serta memengaruhi gaya hidup menjadi hedonis, konsumtif dan berangsur mengadopsi sifat pamer.  (2) Faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan fitur promosi pada layanan OFD terdiri atas harga, variatif, bebas ongkir, rating, perspektif kelompok dan kebiasaan.


Keywords


Online Food Delivery Order; Promo, Students; Consumption; Online Food Delivery;Promo; Mahasiswa; Konsumsi

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Alzagladi, Dinda Afifah dan Corry Yohanna. 2021. Peran Price dan Promotion terhadap Purchase Decision dalam Menggunakan Layanan Online Food Delivery. Jurnal Bisnis Manajemen, dan Keuangan Vol. 2 No. 1.

Creswell, J. W. 2018. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. Department of Family Medicine, University of Michigan.

Devi, Silvia. 2014. Gadged: Budaya Konsumen Masyarakat Modern. Suluah: Media Komunikasi Kesejarahan, Kemasyarakatan dan Kebudayaan Balai Pelestarian Nilai Budaya Padang. Vol. 14, No. 18.

Gabaccia, D.R. (1998), We Are What We Eat: Ethnic Food and the Making of Americans. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Geertz, Cliffortz, 1973, The Interpretation of Cultures, New York: Basic Books Inc

Gitosudarmo, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.

Homans, George Casper. 1950. The Human Group. UK: Routledge & Kegan Paul.

Hurlock, Elizabeth B. (1993). Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (edisi kelima). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo

Macfarlane, Bruce. 1998. Businesse Ethnics and Th Idea Of A Higher Education. Teaching Business Ethnics, Vol. 2. Kluwer Academic Publisher: Netherland

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alumni.

Notoatmodjo, S.2014, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Novita Sari, 2020. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pakaian Impor Second di Pasar Jongkok (PJ) Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir dalam Perspektif Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim. Riau.

Robert Tian. 2005. Anthropological Approach to Consumer Behavior: A Marketing Educational Case Of Teaching and Learning. Journal for Advancement of marketing Education. Vol. 7. Huaihua University.

Sandra Anindita Harris, Iman Murtono Soenhadji.2022. Pengaruh Promosi, Kualitas layanan, Harga dan Distribusi terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Aplikasi Food Delivery dengan Menggunakan Variabel Mediasi Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis Volume 27 No. 3, Desember. Universitas Gunadarma.

Sciffman dan Kanuk. 2007. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Shafa, Pradika Muthiya, Jusuf Hariyanto. 2020. Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran terhadap Keputusan Pembeeliaan dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia.

Shiddiqi, Muhammad Hasbi. 2021. Dampak Go Food Terhadap Peningkatan Penjualan Bisnis Kuliner (Studi Kasus Usaha Bisnis Kuliner Dikawasan Medan Area ). Ekonomi Islam Universitas Negeri Sumatera Utara Medan.

Solomon, Michael R. 2015. Consumer Behaviour: Buying,Having, adn Being:Global edition. Harlow, England: Pearson Education Limited.

Suryanto, 2017. Pola Perilaku Keuangan Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi Volume VII No. 1. Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Padjadjaran.

Thompson, C. J., & Hirschman, E. C. (1995). Understanding the socialized body: A poststructuralist analysis of consumers' self-conceptions, body images, and self-care practices. Journal of Consumer Research, 22(2), 139–153.

Widayatun. 2005. Ilmu Perilaku, Cetakan Pertama, Jakarta: Rineka Cipta.

Widyastuti, Arini. 2021. Dampak Food Delivery Terhadap Pola Makan Mahasiswa Perantau di Kota Makassar. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.


Article Metrics

Abstract view : 139 times | DOWNLOAD PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: