PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR INPRES SAILONG KABUPATEN GOWA

Muh Khaedar(1*), Syamsul Alam(2), Akhiruddin Akhiruddin(3), Hasanudin Kasim(4),

(1) UNIVERSITAS MEGAREZKY
(2) UNIVERSITAS MEGAREZKY
(3) UNIVERSITAS MEGAREZKY
(4) UNIVERSITAS MEGAREZKY
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.51985

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan menulis narasi bahasa indonesia siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen bentuk One Group Pre Test Post Test Design yaitu sebuah eksperimen yang dalam pelaksanaannya hanya melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas pembanding (kelas kontrol). Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia murid pada tahap pretest dengan menggunakan instrumen test dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia murid Kelas IVSD Inpres Sailong Kabupaten Gowa belum memenuhi kriteria ketuntasan pretasi belajar secara klasikal karena murid yang tuntas hanya 4% dari ≤75%. Sedangkan, pada tahap post-test dengan menggunakan instrumen test dapat dikatakan bahwa tingkat keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia murid setelah diterapkan model pembelajaran berbasis proyek tergolong tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia murid Kelas V SD Inpres Sailong Kabupaten Gowa telah memenuhi kriteria ketuntasan hasil belajar secara klasikal Karena murid yang tuntas adalah 92% dari ≤75%.

The aim of this research is to determine the effect of the project-based learning model on elementary school students' Indonesian narrative writing skills. This type of research is pre-experimental research in the form of One Group Pre Test Post Test Design, namely an experiment which in its implementation only involves one class as the experimental class without any comparison class (control class). The results of the research show that the narrative writing skills in the Indonesian language subject of students at the pretest stage using test instruments can be concluded that the narrative writing skills in the Indonesian language subject of Class IVSD Inpres Sailong Gowa Regency students have not met the criteria for completing classical learning achievements because the students have completed only 4% of ≤75%. Meanwhile, at the post-test stage using test instruments, it can be said that the level of narrative writing skills in Indonesian language subjects for students after implementing the project-based learning model is relatively high, so it can be concluded that narrative writing skills in Indonesian language subjects for Class V SD Inpres students Sailong, Gowa Regency has met the criteria for completing classical learning outcomes because 92% of students have completed ≤75%.


Keywords


Pembelajaran Proyek; Menulis Narasi; Bahasa Indonesia; Project Learning; Narrative Writing; Indonesian language

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Asrin. (2022). Metode Penelitian Eksperimen. Maqasiduna: Journal of Education, Humanities, and Social Sciences, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.59174/mqs.v2i01.24

Harmis, Y. (2018). Penggunaan Media Gambar Untuk Mempercepat Siswa Pandai Membaca Dan Menulis Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dan Penggunaan Alat Pada Mata Pelajaran Matematika. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 4(2), 241–250.

Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Perpustakaan Universitas Bangka Belitung.

Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. LPMP Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, 0–12.

Jalal, Hasanudin Kasim, Akhiruddin, M. R. S., & Sriwahyuni, H. (2023). The Impact of Socio-Economic Status on Teachers ’ Performance in SMP Negeri 2 Parigi Gowa Regency. IJOLEH : International Journal of Education and Humanities, 2(1), 75–84. https://doi.org/https://doi.org/10.56314/ijoleh.v2i1

M. Makbul. (2021). Metode Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian (Vol. 3, Issue 2, p. 6). Pascasarjana UIN Alauddin. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/svu73

Prima Gusti Yanti, Fairul Zabadi, F. R. (2017). Bahasa Indonesia : Konsep Dasar dan Penerapan. Grasindo.

Santyasa, I. W. (2006). Pembelajaran Inovatif: Model Kolaboratif, Basis Proyek dan Orientasi NOS. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sartika, T. (2019). Penggunaan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris sebagai Pengantar Pembelajaran di Indonesia. In Jurnal Pendidikan dan Sastra (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–9).

Sri Eka Mugi Afriani. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Murid Kelas IV SD Inpres Bontomanai Kecamatan Tamalate Kota Makassar. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.24


Article Metrics

Abstract view : 110 times | DOWNLOAD PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: