IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN READING ALOUD DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA KELAS IV UPT SPF SD NEGERI BADDOKA

Annisa Nistiyasa(1*), Abrina Maulidnawati Jumrah(2), Riskal Fitri(3), Rahma Ashari Hamzah(4), Wahyullah Alannasir(5),

(1) Universitas Islam Makassar, Indonesia
(2) Universitas Islam Makassar, Indonesia
(3) Universitas Islam Makassar, Indonesia
(4) Universitas Islam Makassar, Indonesia
(5) Universitas Islam Makassar, Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.51748

Abstract


This study aims to find out (1) how to apply the Reading Aloud learning model at UPT SPF SD Negeri Baddoka. (2) To find out what are the inhibiting factors and supporting factors of the Reading Aloud learning model at UPT SPF SD Negeri Baddoka. (3) To find out the literacy skills of UPT SPF students at SD Negeri Baddoka through the application of the Reading Aloud learning model. The type of research used is descriptive qualitative research. The research location coincided with UPT SPF of SD Negeri Baddoka. The data collection technique was triangulation technique, namely observation, interviews and documentation, while the source triangulation used was students and homeroom teachers of class IV. The data analysis is a qualitative data analysis technique through the reduction stage, data presentation and the final stage is drawing conclusions or verification. Based on the research results of the Implementation of the Reading Aloud Learning Model in Improving the Literacy of Class IV UPT SPF SD Negeri Baddoka. shows that with the existence of the reading aloud learning model it has been applied to students because it can help and improve student literacy, this is evidenced by the emergence of the abilities that students have, namely the ability of students to speak, listen and write, and finally, the ability of students to listen to what explained by the teacher.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan model pembelajaran Reading Aloud di UPT SPF SD Negeri Baddoka. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung model pembelajaran Reading Aloud di UPT SPF SD Negeri Baddoka. (3) Untuk mengetahui kemampuan literasi siswa UPT SPF SD Negeri Baddoka melalui penerapan model pembelajaran Reading Aloud. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif jenis deskriptif. Lokasi penelitian mirip di UPT SPF SD Negeri Baddoka. Teknik pengumpulan data triangulasi teknik yaitu observasi wawancara, dan dokumentasi sedangkan triangulasi sumber yang digunakan yaitu siswa dan wali kelas IV. Adapun analisis data adalah teknik analisis data kualitatif melalui tahap reduksi, penyajian data dan tahap terakhir adalah penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian Implementasi Model Pembelajaran Reading Aloud dalam Meningkatkan Literasi Siswa Kelas IV UPT SPF SD Negeri Baddoka. menunjukkan bahwa dengan adanya model pembelajaran reading aloud ini sudah diterapkan di peserta didik karena dapat membantu dan meningkatkan literasi siswa, hal ini dibuktikan dari adanya kemampuan yang dimiliki siswa yaitu kemampuan siswa dalam berbicara, menyimak dan menulis, dan yang terakhir yaitu kemampuan siswa dalam mendengarkan apa yang di jelaskan oleh guru.


Keywords


Method Reading Aloud; Increasing Student Literacy; Metode Reading Aloud; Meningkatkan Literasi Siswa

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Arif furchan, pengantar metodologi penelitian kualitatif,( Surabaya : Usaha nasional , 1992).

Departemen Pendidikan Nasional, Tesaurus Alfabetis Bahasa Indonesia, (Bandung: Mizan, 2009).

George C. Edward III, Public Policy Implementing, (Jai Press Inc, London-England. Goggin, Malcolm L et al. 1990).

Hasanah, S. U. (2019). Studi Komparasi Penerapan Metode Active Learning Model Reading Aloud Dan Metode Konvensional Model Ceramah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dan Pengaruhnya Terhadap Respon Siswa Kelas V Mi Ma’arif 01 Pahonjean Majenang. Jurnal Tawadhu, 3(1), 804-822.

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2013). Psikologi Pendidikan: Teori dan aplikasi dalam proses pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz media.

Johnston, V. (2015). The power of the read aloud in the age of the common core. The Open Communication Journal, 9(1).

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik dan Implementasi,(Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008).

Murhadi, 1987, membaca cepat dan efektif, Bandung CV, Sinar Baru.

Nana Syaodih Sukmadinata,metode penellitian pendidikan,(Bandung : Remaja Rosdakarya, 2012) h, 53-60.

Nurhadi, 2016.Srategi Meningkatkan Daya Baca, Jakarta, Bumi Aksara.

Nurhadi, 1989. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca, Bandung, CV Sinar Baru.

Nuryanto, S. (2016). Penggunaan Metode Read Aloud Untuk Mendongeng Pada Anak Usia Dini. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak Dan Media Informasi PAUD, 1(1).

Ripley, R. B., & Franklin, G. A. (1986). Policy implementation and bureaucracy. (No Title).

Ruth Moore, M., & Hall, S. (2012). Listening and Reading Comprehension at Story Time: How to Build Habits of the Mind. Dimensions of Early Childhood, 40(2).

Sabatier, P. A. (1986). Top-down and bottom-up approaches to implementation research: a critical analysis and suggested synthesis. Journal of public policy, 6(1), 21-48.

Subandiyah, H. (2015). Pembelajaran literasi dalam mata pelajaran bahasa indonesia. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa Sastra Dan Pembelajarannya, 2(1)., google schooler.

Sugiyono,metode penelitian kualtatif, untuk penelitian bersifat : eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif,( Bandung : alfabeta : 2006 )

Tarigan Hendri Guntur 1979 : Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Angkasa Bandung.

Teguh Triyanto, Pengantar Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014).

Yumnah, S. (2017). Membudayakan membaca dengan metode read aloud. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 12(1).


Article Metrics

Abstract view : 85 times | DOWNLOAD PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: