PENGARUH BUDAYA LITERASI POJOK BACA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MURID KELAS IV SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR

Satriawati Satriawati(1*), Nurfadillah Nurfadillah(2), Syamsul Alam(3), Nurhadifah Amaliyah(4),

(1) Universitas Megarezky Makassar
(2) Universitas Megarezky Makassar
(3) Universitas Megarezky Makassar
(4) Universitas Megarezky Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.51490

Abstract


The lack of access to literacy and low reading and writing skills in grade IV students of SD Negeri Kassi Makassar City are the problems behind this research. This study aims to determine the effect of reading corner literacy culture on reading and writing skills in fourth grade students at Kassi Public Elementary School, Makassar City. This research is an experimental research using a quantitative approach. This experimental research is classified into pre-experimental with the form of one group pretest posttest design. The sample in this study was class IVB students at SD Negeri Kassi, Makassar City, which consisted of 27 students. The sample was determined using non-probability sampling with incidental sampling techniques. Instruments in this study using observation, tests, and documentation. The results of the study used descriptive statistical analysis, the average value of reading corner literacy culture in teacher activity was 3.98 which was in the good category and in student activity was 3.97 which was in the good category. The average posttest score for reading skills is 83.29 which is in the good category and in the posttest writing skills is 83.59 which is in the good category. Inferential statistical analysis, the results of the cultural normality test of literacy reading corners on reading and writing skills were 0.200 > 0.05 (normal distribution), the homogeneity test results were on reading skills 0.441 > 0.05 (homogeneous) and on writing skills 0.129 > 0, 05 (homogeneous). The results of hypothesis testing using the t-test showed a sig value of 0.000 in reading and writing skills with the criteria sig (0.000) < α (0.05). The conclusion of this study is that there is an influence of reading corner literacy culture on reading and writing skills in class IVB students at SD Negeri Kassi, Makassar City.

Minimnya akses literasi dan rendahnya keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar menjadi masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IV di SD Negeri Kassi Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan kedalam pre experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas IVB SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 27 murid dengan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik sampling insidental. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata budaya literasi pojok baca pada aktivitas guru adalah 3,98 berada pada kategori baik dan pada aktivitas murid adalah 3,97 berada pada kategori baik. Nilai rata-rata posttest keterampilan membaca adalah 83,29 berada pada kategori baik dan pada posttest keterampilan menulis adalah 83,59 berada pada kategori baik. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis adalah 0,200 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah pada keterampilan membaca 0,441 > 0,05 (homogen) dan pada keterampilan menulis 0,129 > 0,05 (homogen). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai sig 0,000 pada keterampilan membaca dan menulis dengan kriteria sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IVB SD Negeri Kassi Kota Makassar.


Keywords


Literacy Culture Reading Corner; Reading Skills; Writing Skills; Budaya Literasi Pojok Baca; Keterampilan Membaca; Keterampilan Menulis

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Abidin, Yunus. dkk. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bandung: Bumi Aksara.

Al-Qur’an Tajwid dan Terjemahnya. 2004. Bandung: Jumanatul Ali Art, h. 597.

Amaliyah, N. D. (2019). Identifikasi Cerita Anak Berbasis Budaya Lokal untuk Membudayakan Literasi di SD. Satya Widya, 35(2), 176-185. https://doi.org/10.24246/j.sw.2019.v35.i2.p176-185

Antoro, Billy. 2017. Gerakan Literasi Sekolah. Cetakan 1. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aswat, H. dan Nurmaya A.L. 2020. Analisis Gerakan Literasi Pojok Baca Kelas Terhadap Eksistensi Daya Baca Anak Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 4(1): 70-78.

Hamdani. 2019. Laporan World Most Literate Nation, Indonesia Darurat Literasi Membaca. kompasiana.com (diakses pada tanggal 30 Juni 2022, pukul 12:47 WITA).

Hartyatni, M. S. 2018. Membangun Budaya Baca Melalui Pengelolaan Media Sudut Baca Kelas dengan "12345". Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol 6 (1): 1–11.

Ibeng, Parta. 2022. Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Prinsip, Contoh, Menurut Ahli. pendidikan.co.id (diakses pada tanggal 30 Juni 2022, pukul 13:01 WITA).

Idris, S. Z. 2020. Pengaruh Pojok Literasi Kelas terhadap Perkembangan Keterampilan Membaca pada Murid SD Negeri Kassi Kecamatan Manggala Kota Makassar. Skripsi Universitas Megarezky.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring). Kbbi. kemdikbud.go.id

Kemendikbud. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah.

Khaedar, M., Mardhatillah, B.S., & Alam, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Permulaan Murid Melalui Penerapan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) Kelas I SD Negeri 38 Janna-jannayya Kecamatan Sinoa Kabupaten Bantaeng. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. Vol 6(2): 191-197.

Kurniawan, Agung R., dkk. 2019. Peranan Pojok Baca dalam Menumbuhkan Minat Baca Murid Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Vol 3(2): 48-57.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

Pradana, Fransiska A.P. 2020. Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Melalui Pemanfaatan Sudut Baca Terhadap Minat Membaca Murid Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol 2(1): 81-85.

Permatasari, A. 2015. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.

Rusyanto, Yayan. 2019. Pojok Baca Dapat Merangsang Murid Gemar Membaca. Siedoo Mengupas Pendidikan dari Pelosok Negeri (diakses pada tanggal 30 Juni 2022, pukul 09:52 WITA).

Safitri, Vira. dan Dafit, Febrina. 2021. Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol 5(3) : 1356-1364.

Shihab, Najelaa. 2019. Semua Murid Semua Guru 3 Berpihak Kepada Anak. Cetakan 1. Ciputat: Literati.

Utama, D.F. dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. 2019. Pendidikan Literasi. Cetakan 1. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahyuni S., Mardhatillah, B.S., Fitriana, E. HS., Satriawati. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Gadget Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Murid Kelas IV SD Negeri Kota Makassar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. Vol 05(1) :17-25.


Article Metrics

Abstract view : 93 times | DOWNLOAD PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: