PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 35 PAMMANU KABUPATEN LUWU

Hasnah Hasnah(1*), Shasliani Shasliani(2), Rosnah Rosnah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.51280

Abstract


Studi ini bertujuan untuk menelaah Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPS siswa kelas IV SD Negeri 35 Pammanu Kabupaten Luwu. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu 21 siswa dan 1 guru kelas IV SD Negeri 35 Pammanu Kabupaten Luwu. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Kondensasi data, Penyajian data dan Penarikan kesimpulan. Penelitian ini fokus pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian meninjukkan bahwa proses belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match menunjukkan adanya perubahan pada pembelajaran yaitu pembelajaran lebih bervariasi, meningkatkan semangat yang akan mendukung respon belajar siswa serta siswa antusias dalam mengikuti proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat pada saat siswa bermain kartu, menjawab pertanyaan yang ada pada LKK. Perubahan proses pembelajaran mendorong pada peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kualifikasi cukup (C) dan siklus II dengan kualifikasi baik (B) sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Macth dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa muatan IPS pada materi Kegiatan Ekonomi di kelas IV SD Negeri 35 Pammanu Kabupaten Luwu.

This study aims to examine the Application of the Index Card Match Type Cooperative Learning Model to improve learning outcomes of social studies content for fourth grade students at SD Negeri 35 Pammanu, Luwu Regency. The research approach used is a qualitative approach with the type of classroom action research (CAR). The research subjects were 21 students and 1 class IV teacher at SD Negeri 35 Pammanu, Luwu Regency. This research was conducted in 2 cycles. Data obtained by observation techniques, tests and documentation. The data analysis technique used is data condensation, data presentation and conclusion. This study focuses on the learning process and student learning outcomes. The results of the study show that the learning process using the Index Card Match type cooperative learning model shows changes in learning, namely learning is more varied, increasing enthusiasm which will support student learning responses and students are enthusiastic in participating in the learning process, this can be seen when students play cards , answering questions on LKK. Changes in the learning process lead to an increase in student learning outcomes in cycle I with sufficient qualifications (C) and cycle II with good qualifications (B) so that it can be concluded that the application of the Index Card Macth type cooperative learning model can improve the process and student learning outcomes in IPS content on the material Economic Activities in class IV SD Negeri 35 Pammanu, Luwu Regency.


Keywords


Index Card Match; Hasil Belajar; Index Card Match, Learning Outcomes

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ayuningtyas, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar PKN Murid Kelas V SD Negeri Batangkaluku Kabupaten Gowa. Skripsi: Universitas Muhammadiyah Makassar.

Fua, La Jumardin. Zuhari & Arifin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb pada Mata Pelajaran IPA di SDN 1 Talaga Besar Kec. Talaga Raya Kab. Buton Tengah. Jurnal Pemikiran Islam. Vol 3 (1).

Hanim, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Sistem Gerak. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 5(2), 141.

Haris, N., Maryam,S., & Mukhlisa, N. (2021). Penerapan Metode Reward and Punishment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas The Application Of Reward and punishment Methods to Improve Lerning Outcomes of Fifth Grade Elementary School Students in Barru District. Penisi: Journal of Education, 1(2), 132-143.

Hasnah. (2013). Penerapan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di Kelas IV SD Negeri Kiri Kabupaten Barru. Jurnal Publikasi Pendidikan, III (1), 26-33.

Mawardi, M. (2019). Optimalisasi Kompetensi Guru dalam Penyusuanan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajuan, 20(1), 69.

Muzkiyah, S. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN 1 Balekoncono Batanghari Lampung Timur. Skripsi: Insatitut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro.

Norhayati, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian dengan Strategi Index Card Match pada Siswa Kelas III SDN Tanjung Batu Kec. Kelupang Tengah Kab. Kotabaru. Cendekia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(2), 192-200.

Rambe, Riris Nur Kholidah. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiah. Vol. 25 (1).

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta. Grub Penerbitan CV Budi Utama.

Safari, H. (2018). Pengantar Ilmu Ekonomi. Palopo: Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Situmorang, P. P., & Hasanah, U. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match dengan Card Sort pada Materi Organisasi Kehidupan. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(2), 114-121.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanti. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pemikiran Keislaman dan Kemanuasiaan. Vol 6 (1).

Tindagen, M., Engka, D. S. M., & Wauran, P. C. (2020). Peran Perempuan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus: Perempuan Pekerja Sawah di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Barakala Ilmiah Efisiesi, 20(03), 79-87.


Article Metrics

Abstract view : 127 times | DOWNLOAD PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: