PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU PADA SISWA KELAS IV UPTD SDN 57 PAREPARE

Yulia Yulia(1), Usman Usman(2), Andini Andini(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.51221

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe example non example untuk meningkatkan proses belajar tentang indahnya keragaman budaya di negeriku siswa kelas IV PTD SDN 57 Parepare dan apakah penggunaan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar tentang indahnya keragaman budaya di negeriku siswa kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan proses belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran example non example tentang Indahnya Keragaman  di Negeriku pada siswa kelas IV UPTD SDN 57 Parepare, dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example tentang Indahnya Keragaman di Negeriku pada siswa kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian 16 siswa dan 1 guru kelas IV UPTD SDN 57 Parepare. Penelitian ini dilaksanakn sebanyak 2 siklus. Data diperoleh dengan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menelaah data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini fokus pada proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar dengan mengggunakan model pembelajaran kooperatif tipe example non example pada siklus I dan II semakin baik. Sejalan dengan peningkatan, pada siklus I kualifikasi cukup (C) dan siklus II kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe example non example dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi keragaamn budaya di negeriku di kelas IV UPTD SDN 57 Parepare.


Keywords


penerapan model example non example, Indahnya Keragaman Budaya Di Negeriku, Hasil Belajar.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22.

Habibah, S. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non Examples Terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tokoh-Tokoh Pergerakan Nasional Kelas V Sdn 70 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 57.

Intan Talitha, R., & Cempaka Sari, T. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Menghargai Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Di Indonesia Pada Pembelajaran Ips Kelas V Sdn Cijati. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 1(2), 231–241.

Mersty E. Rindengan, N., & M. Mogot, A. (2021). Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar Vol 2, No 1, Februari 2021. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 73–83.

Muyaroah, S. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Inside Outside Cirle Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pembelajaran Ipa Sd Fransiskus Baturaja.

Nisan, N. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Mach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV MI PSM Sukowiyono Karangrejo Tulungagung.

Nur Ilmi. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 34.

Ramidi. (2018). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan melalui Pendekatan Kooperatif Model Make A Match di Kelas IV SDN Dukuh Kabupaten Tabalong. 4(2), 59–64.

Usman, Wahyuni, S., & Yani, A. (2018). Penerapan Metode Based Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas Xi Mia Sma Negeri 21 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 14 (1), 1–5.

Yulia, Shasliani, & Isnawati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic , Auditory , Visual dan Intellectualy ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, Vol.20(30), :1-9.

Yulianto, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Mach Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Sobontoro 2 Boyolangu Tulungagung.


Article Metrics

Abstract view : 222 times | DOWNLOAD PDF view : 20 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: