SIKAP TOLERANSI MAHASISWA BEDA AGAMA (Studi Kasus di Kampus Pascasarjana Universitas Negeri Makassar)

Rosmiati Anas(1*), Firdaus W Suhaeb(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.51130

Abstract


Penelitian ini menggunakan studi kasus  metodologi penelitian lapangan. Kajian ini dilakukan secara on-site di Kampus Pascasarjana Universitas Negeri Makassar untuk mengumpulkan data dan informasi tentang toleransi beragama dan implikasinya terhadap praktik ibadah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mengembangkan pemahaman yang komprehensif dan kontekstual tentang topik yang diteliti, penelitian ini akan berkonsentrasi untuk memahami dan menelaah pandangan warga Kampus Pascasarjana UNM tentang toleransi beragama. Dalam penelitian ini, data primer akan diperoleh secara langsung dari tenaga pendidik dan beberapa mahasiswa pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Peneliti akan melakukan observasi, wawancara, atau pengumpulan data secara langsung dari responden yang hadir pada waktu kejadian atau dalam konteks penelitian tersebut. Data primer ini akan memberikan informasi yang spesifik dan relevan mengenai sikap toleransi dalam beragama di Kampus Pascasarjana UNM. Data yang diperoleh akan diungkapkan secara jelas dan lengkap untuk memberikan gambaran mendalam tentang pengalaman toleransi mahasiswa berbeda agama di kampus pascasarjana UNM, tujuan utamanya adalah untuk memahami situasi aktual dan memberikan pemahaman yang bermakna kepada pembaca. Tekknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.

This study uses a case study field research methodology. This study was conducted on-site at the Makassar State University Postgraduate Campus to collect data and information about religious tolerance and its implications for religious practices. This research uses a qualitative methodology to develop a comprehensive and contextual understanding of the topic under study. This research will concentrate on understanding and examining the views of the UNM Postgraduate Campus residents regarding religious tolerance. In this study, primary data will be obtained directly from teaching staff and several postgraduate students at Makassar State University. Researchers will conduct observations, interviews, or collect data directly from respondents who were present at the time of the incident or in the context of the research. This primary data will provide specific and relevant information regarding religious tolerance at the UNM Postgraduate Campus. The data obtained will be disclosed clearly and completely to provide an in-depth picture of the experiences of tolerance of students of different religions at the UNM postgraduate campus, the main purpose of which is to understand the actual situation and provide a meaningful understanding to the reader. Data collection techniques include observation, interviews and documentation.


Keywords


Toleransi; Perbedaan Agama; Tolerance; Religious Differences

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Bahari. (2010). Toleransi Beragama Mahasiswa. Jakarta: Kementerian Agama RI Badan Litbang dan Diklat, Puslitbang Kehidupan Keagamaan.

Kymlicka, W. (1995). Multicultural Citizenship: A Liberal Theory of Minority Rights. Oxford University Press.

Jalaluddin, H. (2007). Psikologi agama. Divisi Buku Perguruan Tinggi, PT RajaGrafindo Persada.

Locke, J. (1689). A Letter Concerning Toleration.

Meiza, A. (2018). Sikap Toleransi dan Tipe Kepribadian Big Five pada Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi

Nasution, S. (2019). Toleransi Beragama dalam Bingkai Pancasila. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya.

Nussbaum, M. C. (1994). Liberty of Conscience: In Defense of America's Tradition of Religious Equality

Rizal, M. (2018). Pluralisme Agama dalam Perspektif Pendidikan. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat

Sujana, Wayan. (2023). Toleransi Beragama. Tim Mimbar Hindu.

Sugiyo. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Mediacita

Siburian, Togardo. (2014). manusia, agama, dan masyarakat: suatu wacana menuju dialog multi peradaban global. Jurnal Societas Dei.

Walzer, M. (1997). On Toleration.


Article Metrics

Abstract view : 169 times | DOWNLOAD PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: [email protected]

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: