PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS DI KELAS V UPTD SD NEGERI 56 PAREPARE

Usman Usman(1), Muhammad Asrul Sultan(2), Nur Azizah(3*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.50993

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Group Investigation berbantuan media Crossword Puzzle untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tentang jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 29 siswa. Data diperoleh melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, hasil penelitian dari siklus I diperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai kategori kurang (K), siklus II diperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai kategori cukup (C) dan siklus III diperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa mencapai kategori baik (B). Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media Crossword Puzzle dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada muatan IPS tentang jenis jenis usaha dan kegiatan ekonomi masyarakat di kelas V UPTD SD Negeri 56 Parepare.


Keywords


Group Investigation; Crossword Puzzle; Hasil Belajar;IPS

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Agustin, S., Sumardi, & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 8(1), 166–176. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Ardiawan, I. K. N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). Kupas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya). Nilacakra.

Asrul, M., Jannah, N., & Natsir, N. A. M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).

Aulia, N., Syaripudin, T., & Hermawan, R. (2020). Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Sd. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 22–34.

Ayudia, I., Sidiq, F., Zahara, R., Fatmawati, Nisngsih, S., Mustofa, M., Aprilia, R., Kusumawati, D., Fauza, M., Hartutik, Nurlaila, Mustika, F., Sitanggang, R. P., & Yusrizal. (2022). Pendidikan IPS Sekolah Dasar. CV. Media Sains Indonesia.

Ilmi, N. (2021). Analisis Pragmatik Imperatif Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 154. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.18335

Kasmawati. (2022). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model GI dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Tematik pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(4), 481–488.

Lestari, I., Nurfaizah, A. P., & Nursiah, B. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kabupaten Takalar. PINISI: Jurnal Of Education, 3(1).

Lufri, Ardi, Yogica, R., Muttaqiin, A., & Fitri, R. (2020). Metodologi Pembelajaran: Startegi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran. CV IRDH.

Maryam, S. M., Djabba, R., & Rahman, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Cahaya Siswa. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.26858/jkp.v6i2.32366

Muzzilawati, S., Nuraeni, A., & Hanifah, N. (2017). Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Media Potret Budaya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2101–2110.

Ngalimun. (2017). Strategi Pembelajaran. Parama Ilmu.

Nisa, S. K., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Penerapan Model Group Investigation Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11.

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. In Nizamia Learning Center.

Permendikbud Nomor 57 Tahun, 2014. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014. Kemendikbud.

Salsabila, H., Sati, L., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2023). Kajian Tentang Model Pembelajaran Group Investigation terhadap Proses Pembelajaran IPS Pada SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 3104–3109.

Sultan, M. A., Ilmi, N., & Amelia, N. (2022). JUARA SD : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2 Juli Tahun 2022 Peningkatan Hasil Belajar Membaca Permulaan Siswa Menggunakan Media Kartu Huruf Kelas II SD. 1, 39–43.

Tim GTK Dikdas. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru Bidang Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar - IPS.

Usman, Wahyuni, S., & Yani, A. (2018). Penerapan Metode Question Based Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas XI MIA SMA Negeri 21 Makassar. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 14(1), 1–5.


Article Metrics

Abstract view : 105 times | DOWNLOAD PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: