PENGGUNAAN MEDIA TANGGA PINTAR SATUAN PANJANG TIGA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV UPTD SDN 141 BARRU
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.50530
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media tangga pintar satuan panjang tiga dimensi untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran pada materi satuan panjang. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan dua siklus, hasil penelitian siklus I proses pembelajaran dari aspek guru pada kualifikasi cukup (C), aspek siswa kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar kualifikasi cukup (C). Sedangkan hasil penelitian siklus II proses pembelajaran dari aspek guru pada kualifikasi baik (B), aspek siswa kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar kualifikasi baik (B). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media tangga pintar satuan panjang tiga dimensi dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV UPTD SDN 141 Barru.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
A’dadiyyah, N. L. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V MI NU Wasilatut Taqwa Kudus Tahun 2020/2021. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):40–49.
Dau, Y. L.D. (2020). Jurnal Selidik 1(2):23–39. Dewantari, Sabbihisma Maydita, Seviatin
Nurwahidah , Naily Al Mabruroh, M. Aldiyan Maulidin, & Linaria Arofatul Ilmi Uswatun Khasanah. n.d. (2023).Penerapan Media Tangga Satuan Panjang Terhadap Hasil Belajar Siswa. 3:189–98..
Helma, H., & Edizon Edizon.( 2017). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Matematika Siswa Untuk Penerapan Bahan Ajar Kontekstual Mengintegrasikan Pengetahuan Terkait Dan Realistik.” Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep) 1(1):86.
Lestari, Lailatul Wahyu. (2021). “Media Tangga Pintar (Smart Stair) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Satuan Alat Ukur.” Pemerintahan, Pembangunan, Dan Inovasi Daerah 3(1):3.
Maulidiyah, R. A. (2023). Dalam Pembelajaran Matematika Materi Satuan Panjang Melalui Media “ Tangga Pintar Satuan
Panjang “ Siswa Kelas IV SDN KULURAN.1(3):93–108.
Netriwati, & Lena. (2017). Media Pembelajaran Matematika. Alfabeta.
Ramdani, R. (2022. Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Tangga Pintar Untuk Anak Tuna Grahita Pada Pembelajaran Matematika Di Slb Negeri 1 Makassar. Jurnal Abdimas Pa1(4):241–53.
Siagian, M.D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Nizhamiyah: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan VII(2):61–73.
Syahril, R. F, Saragih, S,, & Heleni, S. (2020). Development of Mathematics Learning Instrument Using Problem Based Learning Model on the Subject Sequence and Series for Senior High School Grade Xi.” Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika 3(1):9–17.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan 2(2):103.
Umar Sidiq, Moh . Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. (Vol. 53 issue 9).
Yudha, A. N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Discovery Learning Berbantuan Talking Stick Siswa Kelas 2.” Jurnal Handayani 7(2):149–59.
Zainal, Z, Jasriani, A., & Hasnah, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Film Kartun Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 187 Pinrang.” Saintifik 5(2):135–39.
Article Metrics
Abstract view : 579 times | DOWNLOAD PDF view : 42 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: