PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V UPTD SD NEGERI 57 PAREPARE

Ila Israwaty(1), Kamaruddin Hasan(2), Khadijah Khadijah(3*),

(1) PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.48541

Abstract


Penelitian ini berujuan untuk mengetahui proses penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda di kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yakni guru dan siswa kelas V berjumlah 18 siswa terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni deskriptif kualitatif. Pada siklus I hasil observasi guru berada pada kualifikasi C, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi C dan hasil tes belajar dengan nilai rata-rata 63. Pada siklus II hasil observasi guru berada pada kualifikasi B, untuk hasil observasi siswa berada pada kualifikasi B dan hasil tes belajar dengan nilai rata-rata 78. Kesimpulannya yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa pada materi perubahan wujud benda kelas V UPTD SD Negeri 57 Parepare.

Keywords


Project Based Learning (PjBL), Hasil Belajar

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.

Cahyaningsih, R. N., Joko, S., & Sukamto. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Multimedia Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34-40.

Devi, K. S., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar atematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55-65.

Niswara, R., Muhajir, & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Jurnal Ilmu Pendidikan PGRI Semarang, 7(2), 85–90.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugerah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(4), 9-15.

Rafi’uddin F. M., & Julianto. (2021). Pengembangan Media Kartu Pintar pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas 5. Sekolah Dasar. JPGSD, 9(4), 2040–2052.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepulish Publisher.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Septantiningtyas, N., Dhofir, M., & Husain, W. M. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakkarta: Deepulish Publisher.

Surya, A.P., Stefanus, C.R., & Agustina, T. A. H (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1526-1531.

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.

Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepulish Publisher.


Article Metrics

Abstract view : 229 times | DOWNLOAD PDF view : 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: