PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS V UPTD SD NEGERI 57 PAREPARE
(1) PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(2) PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(3) PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i3.48541
Abstract
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.
Cahyaningsih, R. N., Joko, S., & Sukamto. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Multimedia Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34-40.
Devi, K. S., Ismanto, B., & Kristin, F. (2019). Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar atematik melalui Project Based Learning. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 2(1), 55-65.
Niswara, R., Muhajir, & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Jurnal Ilmu Pendidikan PGRI Semarang, 7(2), 85–90.
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugerah, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA pada siswa kelas 5 SD. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(4), 9-15.
Rafi’uddin F. M., & Julianto. (2021). Pengembangan Media Kartu Pintar pada Materi Perubahan Wujud Benda Kelas 5. Sekolah Dasar. JPGSD, 9(4), 2040–2052.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: Deepulish Publisher.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Septantiningtyas, N., Dhofir, M., & Husain, W. M. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. Klaten: Penerbit Lakeisha.
Suardi, M. (2018). Belajar & Pembelajaran. Yogyakkarta: Deepulish Publisher.
Surya, A.P., Stefanus, C.R., & Agustina, T. A. H (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1526-1531.
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003. (2003). Undang-undang sistem pendidikan nasional.
Wedyawati, N., & Lisa, Y. (2019). Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepulish Publisher.
Article Metrics
Abstract view : 439 times | DOWNLOAD PDF view : 47 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: