PERILAKU BUDAYA HYPEBEAST PADA KALANGAN REMAJA DI DESA BONTO BAJI KABUPATEN BULUKUMBA
(1) Universitas Megarezky Makassar
(2) Universitas Megarezky Makassar
(3) Universitas Megarezky Makassar
(4) Universitas Megarezky Makassar
(5) Universitas Megarezky Makassar
(6) Universitas Bosowa Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i1.43445
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan perilaku remaja dalam mengikuti budayahypebeastdan penyebab terjadinya perilaku budayahypebeast pada kalangan remaja di Desa Bonto Baji Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus eksplanatoris. Fokus penelitian ini adala remaja yang berperilaku hypebeast.Jumlah informan berjumlah 8 orang dengan menggunakan teknik snowball sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui validasi internal (credibility), Kebergantungan (defendability) dan kepastian objektivitas (confirmability).Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) berkembangnya teknologi yang begitu pesat menjadi salah satu indikator banyaknya remaja yang mulai mengikuti budayatrendkekinian seperti perilakuhypebeast. Remaja memiliki persepsi bahwa mengikuti budayatrend perilaku hypebeast yang seperti itu akan memberikan kepercayaan diri tersendiri. 2) Penyebab terjadinya perilaku budaya hypebeast pada kalangan remaja adalah pengaruh lingkungan yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan remaja berperilaku hypebeast serta kurangnya pengetahuan akan dampak dan akibat dalam hal perilaku budayatrend hypebeast yang dapat menjerumuskan kedalam hal-hal yang negatif, dimana pada umumnya sebagai seorang remaja memang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi apabila menemukan atau melihat suatu hal barudan mengikuti gaya hidup hypebeast seperti ikut-ikutan teman,pengaruh media serta keinginan diri.
Keywords
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Ambadra, & Lestari. (2018). “Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswa”Skripsi
Aan Komariah dan Djam’an Satori, (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.
Bariyyah, Khoirul & Farid, M. (2018). “Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri Pada Remaja: Jurnal Psikologi Indonesia.
Firmansyah, A. (2018). “Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Surabaya: TS Publisher.
Hamid, F. (2012). Media dan Budaya Populer. Komunika, 15(1). Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_537711131678.pdf
Haryatmoko. (2015). Membongkar Rezim Kepastian, Pemikiran Kritis Post-Strukturalis. Daerah Istimewa Yokyakarta.
ISKANDAR, A. M., Jalal, J., Akhiruddin, A., Harifuddin, H., & Herlina, A. (2022). Adolescent Dropouts in Balantang Malili Village, East Luwu Regency: (Sociology of Education Study. Hasanuddin Journal of Sociology, 36-50.
Iskandar, A. M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Anak SD Kelas III di SD Inpres 6/86 Botto Padang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone). EDULEC: EDUCATION, LANGUAGE AND CULTURE JOURNAL, 2(1), 13-23.
Larasati, Rayi Dwitiya. (2019). 17 Fashion Item dan Brand Terbaik untuk Hypebeast Style.Diaksesdari:https://review.bukak.com/mens-style/brand-terbaik untukhypebeast-style-98050
Mahyudin. (2020). Masyarakat Dan Gejala Problematika Sosial Persilangan Dinamika Politik Budaya Agama Dan Teknologi. Skripsi .
Nabilarsl. (2019). Geliat Hypebeast di Lingkup Anak Muda yang Menaikkan Derajat Pakaian Seharihari. Hipwee. Retrieved from:https://www.hipwee.com/narasi/geliat-hypebeast-di-lingkupanak-muda-yang-menaikkan-derajat-pakaian-sehari-hari/
Pamungkas, G. A. (2019). Gaya hidup Hypebeats diKalangan Remaja Kota Bandung (Studi Fenomena Mengenaoi gaya hidup Hypebeats di kalangan remaja di Kota Bandung). Tesis.
Article Metrics
Abstract view : 162 times | DOWNLOAD PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh :
Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar
Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id
085399235423
Phinisi Integration review telah terindex oleh :
Phinisi Integration review dilisensi oleh :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Phinisi Integration Review Editorial: