PERILAKU BUDAYA HYPEBEAST PADA KALANGAN REMAJA DI DESA BONTO BAJI KABUPATEN BULUKUMBA

Abdul Malik Iskandar(1*), Arfenti Amir(2), Agus Agus(3), Akhiruddin Akhiruddin(4), Abdul Rahman(5), Harifuddin Harifuddin(6),

(1) Universitas Megarezky Makassar
(2) Universitas Megarezky Makassar
(3) Universitas Megarezky Makassar
(4) Universitas Megarezky Makassar
(5) Universitas Megarezky Makassar
(6) Universitas Bosowa Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i1.43445

Abstract


This study aims to examine and describethe behavior of adolescents in following the hypebeast culture and the causes of hypebeast cultural behavior among adolescents in Bonto Baji Village, Bulukumba Regency. The approach used in this research is qualitative with the type of explanatory case study. The focus of this research is teenagers who behave hypebeast. The number of informants was 8 people using the snowball sampling technique. Data collection techniques used are observation, interviews, and documentation. Data analysis technique is by using data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions.The validity of the data in this study was carried out through internal validation (credibility), dependability (defendability) and certainty of objectivity (confirmability). Data validation techniques used were source triangulation and method triangulation. The results of the study show that: 1) the rapid development of technology is one of the indicators of the large number of teenagers who are starting to follow contemporary cultural trends such as hypebeast behavior. Teenagers have the perception that following the cultural trend of hypebeast behavior like that will give self-confidence. 2) The causes of hypebeast cultural behavior among adolescents are environmental influences which are one of the factors that cause adolescents to behave hypebeast and a lack of knowledge of the impacts and consequences in terms of the hypebeast trend cultural behavior which can plunge into negative things, which are generally as a teenager does have a very high curiosity when discovering or seeing something new and following the hypebeast lifestyle such as joining friends, media influence and self-desire.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendeskripsikan perilaku remaja dalam mengikuti budayahypebeastdan penyebab terjadinya perilaku budayahypebeast pada kalangan remaja di Desa Bonto Baji Kabupaten Bulukumba. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan jenis studi kasus eksplanatoris. Fokus penelitian ini adala remaja yang berperilaku hypebeast.Jumlah informan berjumlah 8 orang dengan menggunakan teknik snowball sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui validasi internal (credibility), Kebergantungan (defendability) dan kepastian objektivitas (confirmability).Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) berkembangnya teknologi yang begitu pesat menjadi salah satu indikator banyaknya remaja yang mulai mengikuti budayatrendkekinian seperti perilakuhypebeast. Remaja memiliki persepsi bahwa mengikuti budayatrend perilaku hypebeast yang seperti itu akan memberikan kepercayaan diri tersendiri. 2) Penyebab terjadinya perilaku budaya hypebeast pada kalangan remaja adalah pengaruh lingkungan yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan remaja berperilaku hypebeast serta kurangnya pengetahuan akan dampak dan akibat dalam hal perilaku budayatrend hypebeast yang dapat menjerumuskan kedalam hal-hal yang negatif, dimana pada umumnya sebagai seorang remaja memang memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi apabila menemukan atau melihat suatu hal barudan mengikuti gaya hidup hypebeast seperti ikut-ikutan teman,pengaruh media serta keinginan diri.

Keywords


Lifestyle; Youth, Hypebeast Culture; Gaya hidup; Remaja; Budaya Hypebeast

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Ambadra, & Lestari. (2018). “Gaya Hidup Hedonis Pada Mahasiswa”Skripsi

Aan Komariah dan Djam’an Satori, (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Alfabeta.

Bariyyah, Khoirul & Farid, M. (2018). “Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri Pada Remaja: Jurnal Psikologi Indonesia.

Firmansyah, A. (2018). “Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Surabaya: TS Publisher.

Hamid, F. (2012). Media dan Budaya Populer. Komunika, 15(1). Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_537711131678.pdf

Haryatmoko. (2015). Membongkar Rezim Kepastian, Pemikiran Kritis Post-Strukturalis. Daerah Istimewa Yokyakarta.

ISKANDAR, A. M., Jalal, J., Akhiruddin, A., Harifuddin, H., & Herlina, A. (2022). Adolescent Dropouts in Balantang Malili Village, East Luwu Regency: (Sociology of Education Study. Hasanuddin Journal of Sociology, 36-50.

Iskandar, A. M. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Pendidikan Anak di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Anak SD Kelas III di SD Inpres 6/86 Botto Padang Kecamatan Kahu Kabupaten Bone). EDULEC: EDUCATION, LANGUAGE AND CULTURE JOURNAL, 2(1), 13-23.

Larasati, Rayi Dwitiya. (2019). 17 Fashion Item dan Brand Terbaik untuk Hypebeast Style.Diaksesdari:https://review.bukak.com/mens-style/brand-terbaik untukhypebeast-style-98050

Mahyudin. (2020). Masyarakat Dan Gejala Problematika Sosial Persilangan Dinamika Politik Budaya Agama Dan Teknologi. Skripsi .

Nabilarsl. (2019). Geliat Hypebeast di Lingkup Anak Muda yang Menaikkan Derajat Pakaian Seharihari. Hipwee. Retrieved from:https://www.hipwee.com/narasi/geliat-hypebeast-di-lingkupanak-muda-yang-menaikkan-derajat-pakaian-sehari-hari/

Pamungkas, G. A. (2019). Gaya hidup Hypebeats diKalangan Remaja Kota Bandung (Studi Fenomena Mengenaoi gaya hidup Hypebeats di kalangan remaja di Kota Bandung). Tesis.


Article Metrics

Abstract view : 162 times | DOWNLOAD PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: