PENGARUH PEMBELAJARAN ANIMASI VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI PANNARA KOTA MAKASSAR

Nuraini Sinaholong(1*), Jusmawat Jusmawat(2), Syamsu Alam(3), Mardhatillah Sabillah(4), Nurafiah Nurafiah(5),

(1) Universitas Megarezky Makassar
(2) Universitas Megarezky Makassar
(3) Universitas Megarezky Makassar
(4) Universitas Megarezky Makassar
(5) UPT SMAN 6 BULUKUMBA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i1.43366

Abstract


This study aims to determine the effect of interactive media animation on science learning outcomes in class V Pannara Public Elementary School, Makassar City. This type of research is an experiment using a quantitative approach. This experimental research is classified into pre-experimental for one group pretest posttest. The sampling technique in this study used a simple random sampling technique and obtained a sample of 32 students. The research instruments used were documentation, tests, and observations and the data analysis techniques used were descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. In this study class V as the experimental class was given a pretest and posttest using interactive video animation. The data analysis technique using the t-test stated that the results of the calculation of the hypothesis test on the posttest data obtained the results of independent data analysis of siig test samples (2.tailet a value of 0.000 which is smaller than the significance rate of 0.05 which means that there is an H1 learning result received through interactive video animation.So it can be concluded that there is an influence of interactive video animation on science learning outcomes for fifth grade students at SD Negeri Pannara Makassar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh animasi media interaktif terhadap hasil belajar IPA  kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan kedalam pre experimental untuk one group pretest posttest. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknin simple random sampling didapatkan sampel penelitian sebanyak 32 siswa. Intrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada penelitian ini kelas V sebagai kelas eksperimen diberikan pretest dan posttest dengan menggunakan animasi video interaktif. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis pada data posttest tersebut diperoleh hasil analisi data independent sampel tes siig tailet nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tariff signafikasi 0,05 yang berarti bahwa ada hasil belajar  H1 diterima melalui animasi video interaktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Animasi Video Interaktif  Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar.


Keywords


Interactive Video Animation; Science Learning Outcomes; Animasi Video Interaktif; Hasil Belajar IPA

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Niswa, Auliyah. 2012. Pengembangan Bahan Ajar Mendengarkan Berbasis Vidio Interaktif Flash Kelas VIID SMP Negeri I Kedamean. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol 1 (1).

Ponza, Putu Jerry Raditya,. dkk. 2018. Pengembangan Video Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. Vol (6), No (1), 1-11.

Sabillah, B. M., Supardi, R., & Indrabudiman, M. 2019. Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPS Di SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 4(2), 698-708.

Siddik, Abdurrahman, dkk. 2019. Konsep Kecerdasan Majemuk Howard Gardner. Jurnal Ilmiah Sustaineble.Vol. 2 No 2. Desember 2019.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Sujarwo, S., & Akhiruddin, A. 2020. Pendampingan Pembelajaran Ekstrakurikuler Bahasa Inggris Siswa Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Pada Sekolah Dasar Inpres Gowa. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 4(2), 55-65.

Wardani, Harlinda Syofyan. 2018. Pengembangan Video Interaktif Pada Pelajaran IPA Tematik Integratif Materi Peredaran Darah Manusia. Jurnal Ilmia Sekolah Dasar. Vol 2 No 4.


Article Metrics

Abstract view : 95 times | DOWNLOAD PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: