LATAR LOKASI FILM ANIME “KIMINONAWA” SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI PREFEKTUR GIFU JEPANG

Hayz Hanafia Ahmad(1*), Yohanes Padmo Adi Nugroho(2), Anda Prasetyo Ery(3),

(1) Universitas Brawijaya Malang
(2) Universitas Brawijaya Malang
(3) Politeknik Pariwisata Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pir.v6i1.43275

Abstract


This study is entitled Setting of the Location of the Anime Film "Kiminonawa" as a Tourist Attraction in Gifu Prefecture, Japan. The purpose of this study is to find out the real-life setting of the location in the anime film "Kiminonawa" and to find out the reasons for tourists visiting the location of the anime film "Kiminonawa" both in Tokyo, Nagano, and Hida. The data analysis method used by the researcher is a qualitative data analysis method. The data collected is usually obtained through the existence of a book, video, internet, articles, and previous research on the anime film "Kiminonawa". The results of the research found several places in real life that became the setting for the location in the anime film "Kiminonawa". Approximately 15 locations were found which became the backdrop for the story of the anime film, namely: In Nagano. Hida, and Tokyo. All of these locations are frequently visited by tourists who are fans of the anime "Kiminonawa" this is because the main character in the anime is described as a persistent and hardworking person, the storyline is not monotonous, the love story is unique and only through dreams, stories that inspire people young people to make important moments with their partners as if they were characters in a movie, the story background is a real place so that tourists can take pictures following the style of the characters in the anime film "Kiminonawa".

Penelitian ini berjudul Latar Lokasi film Anime “Kiminonawa” Sebagai Daya Taruk Wisata Di Prefektur Gifu Jepang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar lokasi dalam kehidupan nyata pada film anime “Kiminonawa” dan untuk mengetahui alasan wisatawan mengunjungi latar lokasi film anime “Kiminonawa”  baik yang berada di Tokyo, Nagano, dan Hida.

Metode analisis data yang dilakukan oleh peneliti adalah metode analisis data kualitatif. Data yang dikumpulkan biasanya di dapat melalui adanya sebuah buku, video, internet, artikel, serta penelitian terdahulu tentang film anime “Kiminonawa”.

Hasil penelitian ditemukan beberapa tempat dalam kehidupan nyata yang menjadi latar lokasi dalam film anime “Kiminonawa”. Ditemukan kurang lebih 15 lokasi yang menjadi latar belakang cerita film anime tersebut yaitu: Di Nagano. Hida, dan Tokyo. Seluruh lokasi tersebut sering dikunjungi oleh wisatawan penggemar anime “Kiminonawa” hal ini karena tokoh utama di dalam anime digambarkan sebagai orang yang gigih dan pekerja keras, alur cerita yang tidak monoton, kisah cinta yang unik dan hanya melalui mimpi-mimpi, cerita yang menginspirasi kawula muda untuk membuat momen-momen penting dengan pasangan seolah mereka adalah tokoh dalam film, latar belakang cerita merupakan tempat yang real sehingga para wisatawan dapat berfoto mengikuti gaya dari pemeran tokoh dalam film anime “Kiminonawa”. 


Keywords


Kiminonawa; Taki Tachibana; Mitsuha Miyamizu;Kiminonawa; Taki Tachibana; Mitsuha Miyamizu.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

References


Condry, I. (2009). Anime Creativity; Characters and Premises in the Quest for Cool Japan. Theory, Culture & Society, 139-163.

Davis, P. K., & Hamilton, A. L. (1998). Encyclopedia of Warrior Peoples and Fighting Groups (2nd ed.). Millerton, New York: Grey House Publishing

Hikmat, D. M. (2011). Metode Penelitian Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi Dan Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hapsari Isnanda Elok. 2020. Analisis Nilai Karakter Dalam Anime Jepang “Kimi No Na Wa”. Skripsi,: Jurusan Bahasa Dan Sastra Asing, Fakultas Bahasa Dan seni, Univesrsitas Negeri semarang.

Japan Association of Travel Agents. 2016. Live Japan Perfect Guide. Diakses pada tanggal 12 November 2022.

Marikoshi, K. 2014. Diambil dari hokusei Gakuen University Repository for Academic. https://hokusei.repo.nii.ac.jp/index.php?action=repository_action_common_

download&item_id=1723&item_no=1&attribute_id=45&file_no=1&page_id=13&blo ck_id=21

McGray, Dauglas 2002. Gross National Cool. America: Forreign policy.

Moleong, M. L. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ohashi. 2010. Thoughts and Theories of Tourism. Tokyo: Bunshindoh.

Ong, Susy. 2019. Shakai Kaizo: 100 Tahun Reformasi Jepang 1919-2019 Dari Demokrasi Ke Reformasi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Ong, Susy. 2017. Seikatsu kaizen: Reformasi Pola Hidup Jeapang, Panduan Menjadi Masyarakat Unggul dan Modern. Jakarta: PT Elex Media Komputinda

Prawiro (2018, Januari 02) Pengertian Animasi Komputer, Sejarah, Jenis, dan Prinsip-Prinsip Animasi. Dikutip dari: https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/pengertian-animasi.html.

Rizda Nurina Amalia. 2018. “ Analisis Implementasi Cool Japan Strategy dalam Kunjungan Wisatawan asing di Jepang Tahun 2012-2017 (Universitas Islam Indonesia).

Satake,S. 2010. Approach for Definitions of “Tourism” and “Kanko”. Lessons provided from consideration of their etymological approach and early usage examples in Japan. Journal of Osaka University Tourism, 10, 89-98.


Article Metrics

Abstract view : 1960 times | DOWNLOAD PDF view : 179 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh :

Program Studi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar

Jalan Bontolangkasa Makassar Email: uji@unm.ac.id

085399235423

 

Phinisi Integration review telah terindex oleh :

 

 

 

Phinisi Integration review dilisensi oleh :

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats

Phinisi Integration Review Editorial: